Pasang Iklan Murah Meriah

Dear Rakyat Miskin, Beli LPG 3 Kg Bakal Dibatasi Tahun Depan

Dear Rakyat Miskin, Beli LPG 3 Kg Bakal Dibatasi Tahun Depan

JAKARTA, ExtraNews – Pemerintah berencana untuk melakukan pembatasan pembelian LPG 3 Kg secara nasional mulai tahun depan. Alasan tidak tepat sasaran lagi-lagi yang menjadi dalih pemerintah.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun sudah mulai secara bertahap melakukan pembatasan tersebut pada tahun ini.

“Sekarang kita sudah mulai (pembatasan), namun tahun depan kita full kan,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji di Gedung DPR RI, ditulis, Selasa (13/12/2022).

Menurutnya, pembatasan ini dilakukan untuk mencapai target pemerintah yakni subsidi tepat sasaran. Sebab, selama ini pembeli LPG 3 Kg bukan hanya masyarakat miskin yang berhak, tapi ada juga orang kaya.

BACA JUGA INI:   "Ibu Pertiwi Masih Menangis"

“Jadi ini kita evaluasi apa yang pernah dilakukan dan sekarang gimana supaya lebih tepat sasaran,” jelasnya.

Tutuka mengatakan pemerintah akan menggunakan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang saat ini dimiliki untuk diintegrasikan ke aplikasi MyPertamina secara bertahap. Ia mengatakan konsep pembatasan akan sama dengan pembelian BBM subsidi.

“Kita pakai data P3KE sekarang. Nah itu kita coba terapkan, sudah di 5 kabupaten/kota, Cipondoh, Tangerang Selatan, terus ada yang di Semarang, ada lima gitu lah. Tahun ini kita full kan (uji coba pembatasan),” pungkasnya. [*suara]

 

BACA JUGA INI:   Dodi Reza Narasumber Kehormatan di GAPKI