oleh

Data Tunggal Menjadikan Program Koperasi dan UMKM tepat, Terukur dan Akuntabel

Gelar Bimtek, Pelaku UMKM Muba Antusias 
Upaya Perkuat Perekonomian di Muba
MUBA-SUMSEL, ExtraNews –  Pemkab Musi Banyuasin melalui Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Muba menggelar bimbingan teknis Pendataan Lengkap dan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PL-KUMKM) bagi Enumerator tahun 2022
Bimtek bertajuk “Data Tunggal Menjadikan Program Koperasi dan UMKM tepat, Terukur dan Akuntabel” ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan Ir H Amiruddin MSi ditandai dengan pengalungan tanda peserta, diikuti oleh 78 orang peserta, Selasa (24/05/2022) berlangsung di Gambo Hotel and Ressidence Sekayu.
Kegiatan ini juga disupport dan didukung oleh Bank Sumsel Babel cabang Sekayu. Sebagai bentuk supportnya dan dukungannya Bank Sumsel Babel akan memberikan bantuan baju dan Topi seragam kepada 78 peserta UMKM Muba.
Dalam arahannya, Kepala Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Sumsel Ir H Amiruddin MSi menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut dan apresiasinya kepada kepada para peserta yang antusias mengikuti Bimtek.
Menurutnya, kegiatan ini akan membawa dampak positif bagi koperasi UMKM di dalam Kabupaten Muba. Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas support dan dukungan Bank Sumsel Babel kepada Pemkab Muba dalam memajukan kesejahteraan UMKM.
“Semoga kegiatan bimtek ini dapat berjalan dengan lancar, dan diharapkan juga kepada para peserta untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius. Sehingga apa yang didapatkan pada hari ini bermanfaat bagi kita semua,”tandasnya.
Sementara, kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muba Ir Zulfakar MSi melalui Sekretaris Dinas koperasi dan UKM Drs H Muhammad Jaya dalam sambutannya berharap dengan adanya Bimtek Enumerator ini dapat memberikan pemahaman kepada Enumerator terkait penggunaan aplikasi pendataan, penjelasan mengenai kategori lapangan usaha yang menjadi target pendataan, serta data-data UMKM yang harus ditanyakan saat wawancara.
Dikatakan Muhammad Jaya, bahwa kegiatan Bimtek yang dilaksanakan ini dalam rangka mempercepat proses pembangunan basis data tunggal KUMKM. Selain itu, memberikan pemahaman dan menyampaikan aplikasi tentang pendataan satu data koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM yang berdaya saing.
“Kegiatan ini berdasarkan petunjuk pelaksanaan pendataan lengkap Koperasi dan UMKM nomor 10 tahun 2020, Kemudian peserta bimtek ini berjumlah 78 orang. Kepada para peserta selamat mengikuti bimtek ini, semoga apa yang didapatkan pada hari ini bermanfaat,”tandasnya. (rel)

Komentar