Pasang Iklan Murah Meriah

Daconi Ditetapkan sebagai Dirut PT Pusri

8961E875 7959 4F28 9E16 0BC4DE5A3D40

 

Palembang, Extranews —-Daconi akhirnya dipercayakan sebagai Dirut PT Pusri, setelah posisi Jabatan Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) sempat kosong sejak 2 November 2023 pasca ditinggal Tri Wahyudi Saleh yang mendapat promosi menjabat Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia.98EEAD4B 4979 4462 B25C 8E7549CD35EE

PT Pusri anak perusahaan PT Pupuk Indonesia setelah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), resmi mengangkat Daconi Khotob sebagai Direktur Utama PT Pusri yang baru.

Sebelumnya Daconi adalah Direktur Utama PT Semen Baturaja (SMBR) Tbk yang mundur dari BUMN semen tersebut sejak 8 November 2023. Di SMBR posisi Daconi digantikan Suherman Yahya yang diangkat melalui RUPSLB PT Semen Baturaja.

Daconi kelahiran Tanjung Karang pada 14 Juni 1971 diangkat menggantikan Tri Wahyudi Saleh. Sebelumnya Daconi menjabat Direktur Utama PT Semen Baturaja sejak Tahun 2022. Daconi yang meraih gelar S1 Teknik Kimia pada Universitas Gadjah Mada (UGM) mengawali karir di PT Chandra Asri Petrochemical Center.

Kemudian sejak 1997 berkarir di PT Semen Padang sampai kemudian pada 2017 masuk dalam jajaran direksi PT Semen Baturaja BUMN semen yang berkantor pusat di Palembang diangkat sebagai Direktur Produksi dan Pengembangan.

BACA JUGA INI:   Kado Terindah Pasca Idul Adha, Ini Dia Cara PLN UP3 Lubuklinggau Berikan Bantuan Bagi Masyarakat Sekitar

Di pabrik semen tertua di Indonesia tersebut Daconi sempat memegang beberapa jabatan. Tahun 2006 – 2009 menjabat Kepala Biro Produksi. Kemudian pada RUPS Tahunan PT Semen Baturaja tanggal 25 Maret 2022 Daconi diangkat kembali menjadi direksi dengan jabatan sebagai Direktur Utama PT SMBR Tbk. Jabatan direktur utama tersebut diembannya sampai 8 November 2023 setelah dirinya menyatakan mundur dari perseroan.

Selama berkarir di perusahaan pabrik semen tertua di Indonesia, Daconi sempat memegang sejumlah jabatan. Tahun 2006 – 2009 menjabat Kepala Biro Produksi. Kemudian bergeser menjabat Kepala Biro Humas (2009 – 2012).

Sebagai Kepala Biro Humas, Daconi dikenal dekat dengan banyak wartawan di Padang termasuk wartawan dari media nasional. Salah satu wartawan yang dekat adalah Khairul Jasmi wartawan Republika yang kini menjabat Pemimpin Redaksi Harian Singgalang dan Komisaris PT Semen Padang.

BACA JUGA INI:   Mudik Bareng Telkomsel Bikin Senang Konsumen

Kemudian saat menjabat GM Produksi PT Semen Padang, Daconi tugasnya merambah ke olahraga sepak bola dengan mendapat tugas menjadi Direktur Utama PT Kabau Sirah SP perusahaan yang mengelola klub sepak bola profesional Semen Padang FC (2014 – 2017). Saat itu klub berjuluk “Kabau Sirah” berlaga di Liga Super Indonesia (LSI). Daconi juga pernah menjadi Manajer Tim Nasional Indonesia U-19 yang diasuh pelatih Indra Sjafri.

Tahun 2017 Daconi “hijrah” ke PT Semen Baturaja (SMBR) Tbk. Berdasarkan keputusan RUPS BUMN semen yang berpusat di Palembang tersebut, Daconi ditetapkan sebagai Direktur Produksi dan Pengembangan PT SMBR Tbk. Kemudian pada RUPS Tahunan PT Semen Baturaja tanggal 25 Maret 2022 Daconi diangkat kembali menjadi direksi dengan jabatan sebagai Direktur Utama PT SMBR Tbk. Jabatan direktur utama tersebut diembannya sampai 8 November 2023 setelah dirinya menyatakan mundur dari perseroan.

Tak sampai sepekan setelah mundur dari SMBR, Daconi ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Pusri yang merupakan perusahaan pupuk tertua di Indonesia milik Pemerintah Indonesia.

BACA JUGA INI:   Meriahkan HPN 2024, IKWI Didukung Fiesta Lomba Masak Nusantara Berhadiah Logam Mulia

Keputusan RUPSLB PT Pusri Palembang adalah :
Direktur Utama : Daconi Khotob
Direktur Operasi & Produksi : Filius Yuliandi
Direktur Keuangan & Umum : Saifullah Lasindrang

Kepada direksi PT Pusri yang baru dilantik, diharapkan dapat membawa Pusri semakin siap bertransformasi menjadi perusahaan yang semakin maju dan mencapai Visi dan Misi perusahaan menjadi perusahaan agroindustri unggul di Asia. Maspriel