Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah disini

Bye Jakarta, Ibu Kota Negara Akan Pindah ke Kalimantan

Tugu monumen Nasional (MONAS) branch image kota Jakarta

Jakarta,Extranews – Seperti yang sudah digembar-gemborkan sebelumnya, akhirnya Presiden Joko Widodo merealisasikan janjinya mengumumkan lokasi Ibu Kota baru Indonesia. Dalam Pidato Kenegaraan di Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat,(16/8/2019) Jokowi bilang bahwa Ibu Kota dipindahkan ke Pulau Kalimantan.

Dalam momen bersejarah kali ini, dan dengan memohon ridha Allah SWT, izin dan dukungan dari anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengumumkannya.

“Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan Ibu Kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” kata Jokowi.

Sayangnya, dia belum menyebut lokasi pasti pengganti DKI Jakarta. Namun Jokowi menegaskan bahwa Ibu Kota negara nantinya bukan sekadar sebagai simbol identitas semata tapi juga representasi kemajuan bangsa.

BACA JUGA INI:   Senjang Muba Bergema di Yogyakarta

Pemindahan Ibu Kota ini dilakukan demi pemerataan dan keadilan ekonomi di negeri ini. Selain itu, demi visi Indonesia Maju. “Indonesia yang hidup selama-lamanya,” ujar Jokowi.

Sementara itu, eks Wali Kota Solo itu sebelumnya telah mengunjungi beberapa lokasi yang berpotensi menjadi ibu kota negara. Lokasi itu, yakni Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur.

Selain itu, kawasan segitiga, yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Timur. Sementara pemerintah pusat sendiri telah menargetkan pemindahan Ibu Kota terealisasi mulai dari tahap ground breaking pada 2021 dan terlaksana pada penghujung tahun 2024.viva.co.id

BACA JUGA INI:   Ada 2,3 Juta Formasi CPNS di 2024: 690 Ribu ASN, 1,6 Juta PPPK