Bimtek Penatausahaan, Akuntansi dan Pelaporan dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia

Bimtek Penatausahaan, Akuntansi dan Pelaporan dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia

Pj Gubernur Sumsel Buka Bimtek Akuntansi dan Pelaporan SIPD RI

 

Palembang, ExtraNews – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan(Sumsel) Agus Fatoni secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan, Akuntansi dan Pelaporan dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI). Kegiatan ini berlangsunh di Hotel Aston Palembang, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (29/2/2024).

Dalam sambutannya Fatoni mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kapasitas dan kualifikasi dalam bidang SIPD-RI. Oleh karena itu, dia berharap agar para peserta dapat memperoleh ilmu serta mengembangkannya.

“Manfaatkan kesempatan belajar ini dengan baik, jadilah orang dengan kualifikasi yang cakap,” ucap Fatoni.

Saat ini, SIPD telah menjadi aplikasi umum yang terintegrasi dalam satu sistem. Namun demikian, meski sistem telah bagus perlu diikuti dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, setiap SDM perlu memiliki tiga hal penting, yaitu kompetensi yang mencakup kemampuan administratif, kemampuan substantif dan kemampuan lapangan.

“Yang kedua yaitu komitmen, bagaimana memiliki rasa tanggung jawab, militan dan mencintai pekerjanya,” ujarnya.

Kemudian yang ketiga adalah kekompakan, bersinergi, berkoordinasi dan berkolaborasi. Guna menjawab tiga permasalahan tersebut, Fatoni menjelaskan diperlukan beberapa langkah untuk memperbaikinya. Di antaranya, yaitu dengan mengubah pola pikir, meningkatkan kompetensi, menjaga komitmen, mewujudkan kekompakan, dan terakhir menciptakan inovasi.

“Peningkatan kapasitas SDM sebagai ASN yang dapat dicapai dengan mampu menempatkan diri, antisipatif, tanggap, intuisi, inovatif,  dan responsif,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel Yossi Hervandi mengatakan Bimtek dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang baik tentang sistem aplikasi di pemerintahan daerah.

“Bimtek ini juga menjawab keinginan pemerintah kabupaten/kota agar pemprov Sumsel menjadi fasilitator kegiatan ini,” ujarnya.

Bimtek berlangsung selama 3 hari dengan diikuti 102 orang yang berasal dari Pemprov Sumsel dan Kabupaten/Kota. Turut hadir sejumlah narasumber, yaitu Andri Satriajati dan Huswanto, serta dari Pusat Data dan Informasi Kemendagri yaitu Ade Muchlis Maulana Anwar, Yovie Alfaguista, Muhammad Fajar Rizky Siregar dan Adetya Cahya Ningrat.

Turut hadir sejumlah pejabat dalam Bimtek SIPD tersebut, yaitu Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendagri Erikson P. Manihuruk dan Wakil Kepala LPPIA Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Brahmana Purwasetya. (rel)

 

BACA JUGA INI:   Pemprov Sumsel Gelar Operasi Pasar Murah Mampu Tekan Inflasi hingga Deflasi pada Angka 0,08 Persen