Bantah Dugaan Lakukan Skandal dan Rugikan Negara Miliyaran Rupiah, KKKS Odira Energy Karang Agung Jalankan KegiatanSesuai Aturan

Seputar Sumsel198 Dilihat

Palembang, Extranews — Atas adanya pemberitaan terkait dugaan skandal yang dilakukan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) OdiraEnergy Karang Agung dan dianggap merugikan negara hingga Rp 7 Milyar, pihak Odira Energy Karang Agungmenyampaikan hal tersebut adalah informasi yang keliru dan tidak benar. Sebagai kontraktor mitra pemerintah OdiraEnergy Karang Agung di bawah pengawasan SKK Migastelah menjalankan kegiatan dengan mengedepankankepatuhan terhadap aturan dan SOP yang diberlakukan oleh negara untuk melaksanakan kegiatan hulu migas di daerahDesa Sidomulyo Kecamatan Tungkal Illir KabupatenBanyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Tidak hanya menjalankan kegiatan sesuai dengan aturanyang berlaku namun KKKS Odira Energy Karang Agung juga terus menjaga komunikasi dan koordinasi kepada pemerintahdaerah untuk memenuhi kewajiban kepada daerah dimanaKKKS beroperasi. Menjalankan kegiatan dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) atau yang akrab dikenalprogram Tanggung Jawab Sosial atau CSR (Corporate Social Responsibility) yang merupakan komitmen perusahaan dan terus dilakukan secara berkesinambungan, kolaboratif dan adaptif oleh Perusahaan dalam hal ini KKKS Odira Energy Karang Agung.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian kepada masyarakat terdekat wilayah kerja dan sesuai dengan kontrak kerjasama yang diamanahkan kepadaKKKS Odira Energy Karang Agung sebagai pihak yang ditugaskan oleh pemerintah untuk mendukung pemenuhankebutuhan dan ketahanan energi nasional.

Humas KKKS Odira Energy Karang Agung, Muhammad Fadhel Besse Alaydrus menyebutkan bahwa pihaknya sejauhini telah menjalankan operasional sebagaimana mestinya.Kami menyadari bahwa kegiatan yang kami lakukan adalahbentuk kegiatan yang akan di audit oleh negara, sehinggadugaan skandal seperti ini tidak mungkin kami lakukan,ungkapnya. Ia juga mengungkapkan bahwa setiap kegiatanyang berjalan ada di bawah pengawasan SKK Migas yang sangat ketat akan aturan negara Semua kegiatan pun diawasi dan apapun yang kami jalankan merupakan hasilarahan dan koordinasi dari pihak SKK Migas,” ujar FadhelBesse.

Selain itu juga dijelaskannya bahwa kegiatan yang dijalankanKKKS Odira Energy Karang Agung memberi kontribusiterhadap pendapatan daerah melalui DBH (Dana Bagi Hasil) dan tidak hanya itu pihaknya juga saat ini sudah menyerapsedikitnya 85% pekerja yang merupakan SDM lokal untukdipekerjakan di KKKS Odira Energy Karang Agung baik dariDesa Keluang, Desa Sidomulyo maupun Desa Bentayan. Tentunya dengan keberhasilan-keberhasilan yang dicapaiKKKS Odira Energy Karang Agung juga merupakankeberhasilan semua pihak dalam pemenuhan kebutuhanenergi migas yang juga memiliki dampak yang baik kepadakeuangan daerah.

KKKS Odira Energy Karang Agung, tetap akan menjalinhubungan baik dengan berbagai pemangku kepentingan di daerah sebagai kunci yang terus dipegang oleh KKKS iniuntuk menjaga keberlangsungan kegiatan operasionaldilapangan yang juga merupakan kegiatan negara yang termasuk dalam objek vital nasional.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan menyebutkan bahwa SKK Migasakan memberikan peringatan keras apabila memang adaKKKS yang melakukan kegiatan tidak sesuai dan mengabaikan peraturan yang ada apalagi bila melanggar. Namun demikian Dia mengatakan bahwa semua KKKS pastitelah memahami apa yang benar untuk dilaksanakan dalamhal menjalankan operasional di lapangan. “Kami sangat menekankan komitmen KKKS untuk tetap menjaga kegiatanoperasional yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dan Kami yakin KKKS telah memahami hal tersebut,” ujarAnggono.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk dugaan skandal juga hamper tidak mungkin dilakukan karna setiap kegiatansemua KKKS pasti ada pengawasan SKK Migas di dalamnya“Kami turut mengawal perencanaan setiap program dan pekerjaan KKKS, juga melakukan pengawasannya hinggaevaluasi terhadap hal apapun yang dilakukan KKKS dilapangan terlebih lagi yang berkaitan dengan program-program yang menggunakan anggaran negara,” lanjutAnggono.


Selanjutnya ia juga menjelaskan bahwa kegiatanhulu migas ini adalah kegiatan yang berjalan untukketahanan energi nasional dan untuk sebesar-besarnyakemakmuran rakyat sehingga pemahaman ini harus tertanamdan menjadi prinsip bagi semua KKKS serta harusnya cukupmenjadi pengingat untuk tidak melakukan kegiatan yang melanggar.fkr 

Komentar