oleh

3 Pembobol ATM Lintas Provinsi Dibekuk Jatanras Polda Sumsel

PALEMBANG, ExtraNews – Tiga pelaku yang merupakan komplotan pembobol ATM lintas Provinsi berhasil ditangkap anggota Unit I Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel.

Ketiga tersangka yakni Imron (46), Maryadi (32) dan Arwansyah (32) yang merupakan warga Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Mereka ditangkap di sebuah penginapan dan apartemen di kawasan Ciputat Jakarta Selatan. “Kami bobol ATM memang di wilayah Sumsel sama Jakarta,” kata Maryadi saat menjalani pemeriksaan di ruang unit 1 Jatanras Polda Sumsel, Selasa (2/8/2022).

Saat beraksi, ketiganya memiliki peranan masing-masing. Tersangka Maryadi berperan mencongkel mesin ATM, sedangkan dua rekan nya bertugas mengawasi lokasi sekitar.

Dalam sekali beroperasi, mereka mampu menarik maksimal 25 lembar uang dengan total lebih dari 20 gerai ATM di wilayah tersebut.”Kalau di Sumsel, biasanya kami bergerak di gerai ATM BSB, soalnya ATM tersebut lebih mudah untuk dibobol,” ujarnya.

Kasubdit 3 Jatanras Polda Sumsel Kompol Agus Prihadinika melalui Kanit I Kompol Willy Oscar saat dikonfirmasi mengatakan bahwa saat melancarkan aksinya, ketiga tersangka sudah mempersiapkan alat khusus yang terbuat dari besi.

“Besi tersebut lalu digunakan tersangka untuk menjepit uang di dalam mesin ATM melalui lubang yang ada di mesin tersebut,” jelasnya.

Saat dilakukan penangkapan, ujar Willy Oscar lagi, polisi terpaksa menembak masing-masing satu betis ketiga tersangka karena terus melakukan perlawanan saat hendak diringkus.

” Kita berikan tindakan tegas dan terukur untuk meluluhkan ketiga tersangka, kini tersangka sedang diperiksa lebih lanjut untuk melengkapi berkasnya.” Jelas Willy Oscar. (Mella)

 

Komentar