oleh

14 Pantai Indah dekat dengan Ibu Kota Provinsi di Indonesia

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
ExtraNews – Macam-macam orang punya kesenangan tersendiri untuk menentukan kemana tempat liburanya di hari libur mereka, ada yang suka pergi ke mal atau pusat pembelanjaan lainnya, ada yang suka menghabiskan dirumah dengan keluarga, ada yang melancong ke daerah pegunungan, tapi mayoritas masyarakat Indonesia suka sekali ke Pantai. Hal ini ditunjang oleh Negara Indonesia yang memiliki garis pantai yang sangat luar dibandingkan dengan Negara lainya, kita patut bangga atas potensi ini.
 
Tapi kendala dari wisata pantai kadang sangat jauh dan sulit diakses dari wilayah perkotaan, khususnya wilayah ibu kota provinsi. Pada faktanya Jangan salah, ternyata ada beberapa pantai yang memang sangat dekat dengan Ibu Kota Provinsi di Indonesia, berikut adalah daftar Pantai tersebut.
 

Pantai Ancol, Jakarta

Ancol Menjelang Malam
Memang Pantai ini sudah sangat mainstream untuk masyarakat Kota Jakarta, bahkan warga sekitar Bekasi, Tanggerang dan sekitarnya juga sering sekali berkunjung ke Pantai ini sekedar untuk menikmati angin pantai dan liburan dengan orang tersayang. Tapi saat ini Pantai Ancol sudah berbenah, iya lebih rapih dan lebih modern terlihat dibandingkan dengan dahulu. Terlihat pengelolaan yang professional menjadikan pengunjung dimanjakan dengan fasilitas yang baik sehingga berkunjung ke Pantai ini cukup menyenangkan, Ada Fasilitas Gondala, Pantai Anak, Dermaga Pantai dsb, cukup rekomend untuk yang kangen pantai tapi ga bisa pergi jauh-jauh.
 

Pantai ParangTritis Bantul, Yogyakarta

Matahari Terbenam yang luar biasa
Pantai Parangtritis terltak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah di capai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pukul 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila anda tiba lebih cepat taka da salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kia bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala. Siapa tak kenal pantai yang satu ini. Sejak Zaman Dahulu, komplek pantai Parangtritis telah terkenal, tidak saja sebagai kawasan rekreasi pantai, tetapi juga terkenal sebagai tempat yang memiliki banyak peninggalan sejarah, khususnya yang berkaitan dengan legenda Kanjeng Ratu Kidul atau Ratu penguasa laut selatan.
 

Pantai Lampuuk, Aceh Besar

Pantai yang Luar Biasa Indah
Pantai indah dekat dengan Benda Aceh sekitar 15 Km dari ibu kota, pantai Lampuuk memiliki garis pantai yang melengkung sejauh lebih kurang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing karang di ujung pantai.Pantai relatife bersih dan memiliki pasir putih yang cantik dengan lembayung biru dari bibir pantai juga dengan barisan bukit-bukit yang menutupi pantai menjadikan pantai ini menjadi salah satu destinasi bagi masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya. Pantai Lampuuk berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar,
 
Pantai Pasir Putih, Bandar Lampung
Hamparan Pasir Putih yang indah
Hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari banda lampung, berjarang 20 Km dari Kota. Menawarkan pemandangan pasir pantai yang putih bersih dengan lembayung biru laut yang cukup indah. Fasilitas disini cukup baik dan pantainya pun cukup aman untuk berenang. Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Pasir Putih adalah bersantai, berenang, dan yang menarik adalah berperahu menuju Pulau Condong. Kita bisa sewa perahu dari Pantai Pasir Putih dengan biaya sewa yang juga terjangkau. Jarak yang dekat dan harga yang cukup murah menjadikan Pantai ini cukup menjadi destinasi favorit masyarakat Bandar Lampung.
 
 
Pantai Pulau Pasumpahan Padang.
 
Pemandangan dari Udara
Pulau Pasumpahanadalah sebuah pulau yang berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Pulau ini dekat jika kita menggunakan speed boat dari Teluk Bungus yang berada dekat dari Kota Padang. Pulau Pasumpahan luasnya sekitar 5 hektar dan memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang bening. Menariknya yaitu permukaan laut pulau ini seperti terbagi tiga. Warna bening di pinggir, hijau di depannya, dan membiru pada bagian yang lebih ke tengah. Tingkat kedalaman perairan laut di sekitar pulau adalah penyebab perbedaan warna tersebut. Pantai yang sangat indah dan nyaman untuk kita menghabiskan waktu liburan dengan orang-orang tersayang.
Pantai Pulau Beras Basah, Bontang Samarinda
Anjungan Nan Mempesona
Sebenernya pantai ini cukup jauh juga dari Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, sekitar 2.5 – 3 jam dari Samarinda dan harus menyebrang lagi dengan perahu sekitar 30 menit. Cukup jauh memang perjalanana, apalagi faktanya Samarinda tidak memiliki Bandara yang aktif selain dari Balikpapan. Kalau dari luar kota bias sekitar 7 – 8 jam dari Balikpapan. Air lautnya berwarna biru jernih. Seolah-olah menggoda siapapun yang berkunjung untuk berenang ke dalamnya. Dan memang benar di tempat ini pengunjung bisa berenang ataupun snorkeling menikmati keindahan bawah laut. Berbagai jenis ikan laut, terumbu karang hingga rumput laut bisa pengunjung temukan di tempat ini. Tidak hanya itu, kawasan ini sangat cocok bagi Anda penggemar fotografi. Pemandangan sunrise maupun sunset di tempat ini cukup menarik untuk diabadikan.
 
 

Pantai Tablolong, Kupang

Pantai Tablolong
Pantai ini sangat indah, memiliki pasir yang sangat halus dan memiliki warna biru laut yang sangat menawan. Dengan barisan kapan pinisi yang berbaris di pinggir pantai, dengan berbagai macam-macam pohon-pohonan khas wilayah timur NTT. Jarak pantai ini sekitar 30 Km dari Kota kupang, tidak terlalu jauh bagi pelancong di daerah Kupang. Kalian tidak akan menyesal berkunjung kesini, terakhir saya kesana pantai sangat sepi seperti pantai pribadi. Pantai ini adalah wilayah perkampungan nelayan, yang sudah sangat terkenal menjadi Basis Olahraga Pancing baik skala lokal maupun International.
 
 

Pantai Lasiana, Kupang

Pemandangan matahari Terbenam Lasiana
Terletak 12 Km dari Kota Kupang, pantai ini menjadi tempat favorit masyarakat Kupang karena sangat dekat dari Ibu Kota Provinsi NTT. Pantai ini memiliki putih kehitaman halus dengan beberapa tanaman pantai yang menutupi beberapa wilayah pantai. Banyak sekali terdapat pohon nira, kalian juga bisa menikmati nira asli baru di panen dari pohon jika ada petani atau masyarakat setempat yang mengambil hasil sadapan nira. Pemandangan paling menakjubkan dari pantai ini adalah saat matahari terbenam, saya sendiri belum pernah melihat sunset seindah itu selain dari pantai ini. sambil menunggu matahari turun dari peraduanya sambil mengkonsumsi makanan khas Kupang yaitu pisang gepeng dan air kelapa campur gula nira.
 

Pantai Losari, Makassar

Refeleksi
pantai yang dekat dengan ibu kota ini sebenernya tidak memiliki pasir pantai sungguhan, karena sebenernya ini adalah anjungan buatan yang dibuat oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. Anjungan ini sangat modern memiliki lanskap pemandangan yang indah dekat sekali dengan pusat wisata Makassar laiinya, hal yang paling menarik di Pantai ini adalah sunsetnya. Cukup indah menghabiskan waktu dengan keluarga dan orang tersayang, menikmati sunset dengan memakan camilan makanan khas Makassar yang banyak di jual disana. 
 
Pantai Pulau Siladen, Manado
Jernih – Jernih
Pulau yang terletak tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Manado hanya berkisar 45 menit dari Ibu Kota, berada di Taman Nasional Bunaken menjadikan pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dari Pemandangan Pantai sampai Pemandangan Bawah lautnya. Mempunya pasir putih dan memiliki kontur tanah yang landai, air yang jernih sehingga terumbu karang terlihat jelas dari bagian atas laut. Dari Kota Manado kalian bias menyeberang menggunakan Perahu transportasi umum, tapi jadwal keberangkatanya hari 1x perhari jadi Berangkat pagi-pagi sekitar jam 7 lalu kembali sekitar jam 3 sore. Di Pantai Pulau Siladen, Anda bisa berenang, snorkeling, diving, atau hanya bersantai di pinggir pantainya menikmati semilir angina dengan keluarga dan orang-orang tersayang. 

Pantai Dreamland, Bali

Pemandangan Dream Land dari Atas
Tidak terlalu jauh dari Kota Denpasar sekitar 45 menit sampai 1 jam, Pantai Dreamland sendiri hampir mirip dengan pantai Kuta hanya pasirnya lebih bersih dibanting Kuta. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Lokasi berpasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekadar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahragaSurfing bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.
Pantai Senggigi, Lombok Mataram
Barisan Nyiur Melambai
Senggigi adalah lokasi yang terkenal di Lombok, sehingga di dekat Pantai Senggigi terdapat banyak resort, hotelrestoran, toko suvenir, pusat hiburan, dan berbagai toko yang menyediakan kebutuhan para wisatawan. Lengkapnya akomodasi dan fasilitas di sekitar Pantai Senggigi membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan, sekaligus dijadikan sebagai lokasi transit untuk ke Trio Gili yang populer di Lombok. Jika Anda tidak memiliki persiapan untuk menyewa mobil, dari Bandara Selaparang Mataram Anda bisa menggunakan transportasi umum. Di bandara telah tersedia bus Damri dengan tujuan ke Senggigi. Anda hanya perlu membayar 30.000 Rupiah untuk sampai ke Pantai Senggigi. Lama perjalanan yang ditempuh dengan bus Damri sekitar satu jam.
Pantai Pasir 6, Jayapura
Indah Sekali Kawan
Lokasi dan Transportasi Pantai Pasir Enam yang memiliki panorama alam luar biasa ini termasuk dalam kawasan Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Walaupun berada di kawasan perkotaan, tetapi untuk mencapai letak dari pantai ini tidak semudah mencapai pantai lain. Lama perjalanan akan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Karena anda akan berperahu melewati Teluk Cenderawasih yang merupakan bagian dari Samudera Pasifik, tak jarang jika anda akan merasakan ombak dan gelombang air yang cukup besar selama perjalanan anda. Di Pantai ini kalian bisa melakukan aktivitas lainnya seperti membakar ikan di pinggir pantai ataupun bersantai sembari menikmati alam serta merasakan ketenangan suasananya. Sedangkan, untuk anda yang mahir berenang dan ingin menikmati sensasi ombak yang di miliki Pantai Pasir Enam, anda bisa mencoba snorkeling di pantai ini, selain sekedar berenang saja. Keunikkan lain dari pantai ini adalah, adanya air sungai yang mengalir menuju laut. Air dari sungai tersebut sangat jernih dan bisa dijadikan sebagai tempat berenang untuk anda yang kurang mahir berenang. Sungai ini juga bisa dijadikan sebagai tempat membilas tubuh anda sehabis berenang di air laut.
Pantai Pasir Putih, Manokwari
Damai-damai
Berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota ini, perjalanan bisa dilalui dengan kendaraan roda dua atau roda empat. pantai ini seperti memiliki 3 warna, air yang berbatas dengan pantai terlihat berwarna bening, berjarak sekitar 10 meter dari pantai warna air berubah biru kehijauan dan semakin jauh warna air lautnya menjadi biru gelap. Sangat menawan. Pantai ini sangat nyaman untuk rekreasi berenang, jemur panas, pasirnya putih dan berombak kecil. Pantai Pasir Putih sepertinya memang diciptakan untuk para wisatawan yang ingin berleyeh-leyeh menikmati pantai. Di bagian belakang ada deretan pepohonan yang menyejukkan, membuat kita bisa duduk di bawah rindangnya pohon sambil menikmati angin laut yang membuai diselingi suara ombak yang tenang. [red]

 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya