oleh

11 Tempat Wisata Jakarta Yang Wajib Dikunjungi

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Jakarta, Si Ibu Kota Negara yang sudah makin-makin ramai dan semakin sesak saja sama gedung-gedung bertingkat. Kendaraan yang jumlahnya luar biasa banyak seliweran tiap hari keliling kota, demi mencari rezeki untuk menyambung hidup dan membiayai keluarga, anak dan istri. Jakarta bukan lagi tempat nyaman seperti dulu yang mungkin bisa dinikmati oleh masyarakat asli Jakarta sendiri, komersialisasi Jakarta ini ada positif da nada negatifnya. Saat ini Jakarta luar biasa bebanah, taman terbuka hijau banyak di buka dan perbaikan fasilitas transportasi yang kian membaik. Area taman wisata juga tak luput dari berbenah diri, mereka lebih peduli terhadap kualitas fasilitas taman wisata sebagai objek pelepas penat warga Jakarta yang luar biasa sibuk dan kecenderungan memiliki tingkat stress yang tinggi.

Ada beberapa tempat yang memang menjadi favorit wisata untuk keluarga, pasangan dan rombongan teman-teman atau sekolah. Tapi taukah kalian bahwa ada tempat wisata yang kurang banyak diketahui oleh masyarakat Jakarta sendiri dan sekitarnya? Berikut tempat-tempatnya :

Hutan Muara Angke

Indah Bukan
Banyak yang gatau nih tempat wisata ini, karena kurang populer dan cenderung ga banyak yang kesini. Karena disini adalah tempat favoritnya masyarakat yang suka dengan wisata alam bakau, disamping itu wilayah ini tertutupi sama hiruk pikuk pasa ikan yang sibuknya bukan main. Pada hutan ini adalah hutan terbesar yang masih ada di Jakarta, hamparan hutan mangrove yang luas memberikan asupan oksigen yang segar disini.

Taman Amir Hamzah

patung Gusdur
Kalah Tenah dibandingkan taman Menteng padahal berada di kawasan yang sama, taman ini adalah taman yang dulunya tempat bermain Obama dan Gusdur. Tidak begitu luas tapi memiliki rimbunan pohon yang adem dan memiliki kolam kecil dengan air mancur di tengahnya. Paling pas kemari kalau pas sore-sore nunggu buka puasa hehe..





Taman Tanjung

Adeem..
Bangku lingkaran berbentuk akan memanjakan pengunjung dengan lahan hijau yang mendominasi pemandangan, membuat hati dan pandangan terasa teduh dari terjangan matahari. Ada beberapa sarana prasana permainan untuk anak-anak, dan istimewasnya disini ada lapangan futsal yang selalu ramai sore hari.






Patung Taman Monas

Sang Penyair Chairil Anwar
Berada di sekitar monas loh, mungkin karena saking luasnya monas jarang yang tahu kalau ada spot ini. patung yang pertama bisa di liat adalah patung Raden Ajeng Kartini berada di seberang stasiun Gambar dan istimewanya ada 3 pose berbeda dari patung ini. patung-patung selanjutnya ada Pangeran Dipenogoro, Chairil Anwar dsb.














Taman Bunga Widya Mandala Krida Bakti Pramuka, Cibubur.

Dengan Lambang Pramuka
Almarhum Presiden Soeharto membangun tempat wisata ini pada tahun 1980, taman menawarkan pemandangan hijau dan bunga-bunga yang berwarna-warni. Nah wilayah ini sering banget dijadiin tempat berkemah sama anak pramuka da nada beberapa wahana air dan tempat bermain anak yang cocok sekali untuk dikunjungi bersama keluarga.










Museum Layang-Layang.

Layang – Layang Unik
Anda penggemar layang-layang atau hobi mainin layang-layang? Datang kemari karena ini salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Terdapat hampir lebih 600 koleksi layang-layang yang berasal dari produksi dalam dan luar negeri, disini kalian bisa ikut mengisi waktu luang dengan kegiatan membuat layang-layang tradisional dan ikut mewarnainya. Cukup menyenangkan untuk memperkenalkan anak-anak terhadap permainan tradisional ini.





Museum Gajah.

Patung Gajah
Terletak di Jalan Merdeka 12 Jakarta Pusat yang merupakan museum pertama dan terbesar se Asia Tenggara pada saat itu. Saat itu Raja Chulalongkorn menghadiahkan patung perunggu berbentuk gajah untuk halaman museum karena itulah dinamakan Museum Gajah. Disini terdapat berbagai macam benda-benda kuno arca, prasasti dan lain sebagainya, menarik untuk wahana informatif untuk anak-anak belajar tentang sejarah.




Museum Wayang.

Bentuk Gedung Museum Wayang
Berada disekitar wilayah kota tua, jika kalian jeli kalian akan menemukan museum wayang disekitar situ. Museum ini di resmikan pada tahun 1975, yang berfungsi untuk menyimpan type-type serta bentuk-bentuk wayang dari seluruh Indonesia baik dari kulit ataupun kayu. Saat ini wayang-wayang dari luar negeri pun ada disini, dari Cina serta Kamboja.





Pelabuhan Sunda Kelapa.

Barisan kapal phinisi
Adalah nama sebuah pelabuhan yang terletak di wilayah kelurahan Penjaringan, dahulu kala pelabuhan ini adalah pintu masuk dari berbagai macam Negara di seluruh Dunia jika ingin masuk Batavia. Saat ini secara teknis sudah tidak ada lagi aktifitas bongkar muat besar-besaran seperti dahulu, tapi yang uniknya disini masih banyak kapal tradisonal phinisi yang masih beroperasi sampai saat ini termasuk melakukan aktifitas bongkar muat di lokasi ini. kalian bisa izin untuk menaiki kapal sekedar mengenak bagaimana kapal tradisional yang sudah berumur ini masuh kuat mengarungi lautan, kalian juga datang pada senja hari untuk menikmati kesahduan kapal-kapal yang bejejer menampilkan pemandangan yang jarang di liat.

Pecenongan

Bang yang Jual
Walah mari kita makan-makan, wilayah pecenongan adalah wilayah surga kulinar malam di Jakarta. Warung-warung tenda yang berbaris mulai buka dari jam 5 sore dan semakin malam akan semakin ramai. Masalah harga, bisa di adu dengan restoran bintang 5. Mayoritas menu yang disajikan disini adalah menu laut seafood dan chinese food, dan salah satu camilan paling terkenal adalah Martabak. Dari tahun 1970 jalan pecenongan memang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri.


Jalan Sabang

Macet gan, di Sabang
Siapa yang tak kenal jalan ini, jajanan kaki lima yang super ramai pada malam hari. Banyak sekali jenis makanan ada nasi goring, bubur, mie ayam, sate padang dan lain sebaginya. Ada juga tempat ngopi asik di Jalan Sabang. Mirip sekali dengan Kuta, karena bule sering berkeliaran di sini.




Itulah kira-kira tempat wisata yang ada di Jakarta.. Walaupun sih masih banyak tempat wisata yang lain. hehe..
Semoga Bermenfaat.. ^^v

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya