oleh

10 Gunung di Indonesia yang harus didaki sebelum kalian pensiun mendaki (10 Mount recommended in Indonesia)

Berbicara tentang bentang alam, Negara kita Indonesia sudah tidak diragukan lagi keabsahanya. Saya tidak meragukan sama sekali Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, kalau dijabarkan dalam satu tulisan ga akan cukup. Bisa jadi berjilid-jilid buat menjabarkan keindahan alam Indonesia.

Tapi jika kita fokus terhadap dataran tinggi Indonesia, kita akan bercengkrama dengan yang namanya Gunung. Kembali ke Negara kita, Indonesia memiliki banyak sekali tempat track mendaki yang bisa dicoba. Lengkap, dari gunung hutan, sabana, volcano, padang pasir sampai yang bersalju. Kalian sebenernya bisa membuat jadwal mendaki dari ujung Barat sampai ujung Timur Indonesia, tapi butuh waktu yang tidak sedikit tentunya. Mungkin kisaran hitunganya sekitar 3-5 Bulan. Lama ya? Hahaha… Oleh karena itu saya akan mencoba menjelaskan Gunung-Gunung apa saja yan wajib hukumnya untuk di daki sebelum kalian pensiun. Hehehe..

1. Gunung Kerinci (3805 mdpl)

Keindahan Gunung Kerinci

Kita mulai dari Barat Indonesia, pulau Sumatera. Gunung Kerinci terletak di Jambi berbatasan dengan Sumatera Barat, G.Kerinci termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Wilayah ini termasuk dalam wilayah Pegunungan Bukit Barisan yang terbentang dari utara ke selatan di Pulau Sumatera. G.Kerinci adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Cartenz Pyramid di Pegunungan Jayawijaya  Papua, oleh kerana itu G.Kerinci termasuk dalam Seven Summit Indonesia. G.Kerinci biasa di sebut atap sumatera, karena posisi puncak kerinci adalah posisi tanah tertinggi di Pulau Sumatera, seakan kalian dapat menyentuh atap Pulau Sumatera tersebut. Gunung Kerinci adalah gunung yang masih aktif, termasuk dalam tipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. Dari puncak kerinci kalian bisa melihat pemandangan kota Jambi, Padang dan Bengkulu, bahkan jika cuaca sedang baik kalian bisa melihat Samudra Hindia dari puncaknya. Di sebelah timur gunung kerinci terdapat danau Bento yang sangat jernih dan dibelakangnya terdapat Gunung Tujuh dengan kawah yang hampir tidak terekspos. Untuk mendaki G.Kerinci kalian bisa melalui jalan darat dari Jambi dengan melewati desa Kersik Tuo Kecamatan Kayu Aro yang berada di ketinggian 1400 mdpl. Untuk sampai ke puncak G.Kerinci dibutuhkan waktu 2 hari, jadi diperlukan sekitar 2-3 hari untuk kegiatan pendakian di G.Kerinci.

Lanskap Keindahan Gede Pangrango
2. Gunung Gede (2958 Mdpl) Pangrango  (3019 Mdpl)
Gede Pangrango adalah 2 gunung yang menjadi satu dalam satu wilayah Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Gunung ini sangat terkenal untuk para pendaki, khususnya dari daerah Jabodetabek karena sangat dekat dari Ibu kota, hanya butuh sekitar 2-3 jam lewat jalan tol. G.Gede Pangrango memiliki bentang alam yang luar biasa indah, dengan flora fauna yang terkaya di Indonesia. Ada beberapa spot menarik di Gunung ini, antara lain Telaga warna, Air Terjun Cibereum, Air Panas Kandang Batu, Lembah Mandalawangi dan Surya Kencana. Gunung ini relative diperuntukkan untuk pemula, karena medanya tidak terlalu berat dan banyak sekali sumber air hampir di camp. Dari puncak Gede dan Pangrango kalian bisa melihat hamparan hutan Geger Bentang dan Luasnya alun-alun Surya Kencana, disamping itu jika cuaca cerah kalian bisa melihat kota Bogor, Jakarta dan Sekitarnya. Gunung Salak juga bisa dilihat dari Puncak Gede Pangrango. Pendakian bisa di mulai dari 2 Kabupaten, Cianjur dan Sukabumi, dari Cianjur bisa melalui Cibodas atau Gunung Putri sedangkan Sukabumi di mulai dari Selabintana. Untuk sampai ke puncak G.Gede Pangrango dibutuhkan waktu sekitar 1 hari, jadi diperlukan minimal 2 hari untuk kegiatan naik dan turun pendakian di G. Gede Pangrango

bentang alam ciremai

3. Gunung Ciremai (3078 Mdpl)

Anda pecandu tanjakan, selamat datang di G. Ciremai. G.Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dan memiliki medan terberat dari gunung-gunung yang ada di Jawa Barat. Jawa Barat memiliki banyak sekali Gunung-gunung cantik yang mempesona salah satunya adalah G. Ciremai. Gunung ini terletak berbatasan dengan 3 kabupaten, Cirebon, Kuningan dan Majalengka, jika kalian melewati jalur Pantura menuju Jawa Tengah kalian akan melihat runcingnya gunung ini di sebelah kanan kalian jika kalian sudah sampai Cirebon. Gunung Ceramai termasuk gunung keramat di Jawa Barat, banyak sekali pantangan yang tidak boleh dilanggar jika kalian mendaki Gunung ini. Di beberapa tempat di G.Ciremai ada beberapa tempat yang menarik, antara lain adalah Goa Walet, Kawah Ciremai dan Puncak Ciremai. Kawah ciremai sangat luas dan butuh waktu sekitar 1 jam untuk mengitari seluruh kawah G.Ciremai, dari Puncak Ciremai kalian bisa melihat kota Cirebon dan Hamparan Hutan Taman Nasional Gunung Ciremai. Di Taman Nasional ini juga hidup macan kumbang loh, karena itulah icon G.Ciremai ada gambar macan kumbang. Di Goa walet kalian bisa melihat banyak sekali Bunga Edelweis, karena disana adalah tempat yang subur bunga ini tumbuh. Untuk mendaki Gunung Ciremai kalian bisa melewati 3 pintu yaitu Linggarjati, Palutungan dan Apuy, medan terberat adalah dari Linggarjati. Di kaki Gunung Ciremai juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat terkenal di Kuningan antara lain, Curug Si Domba, Cibulan dan Tentu saja Peninggalan Sejarah Perjanjian Linggarjati. Untuk sampai ke puncak Ciremai kita membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari tergantung kekuatan.
Sunrise Argopuro
4. Gunung Argopuro (3088 Mdpl)
Sebenarnya G.Argopuro tidak terlalu terkenal di Indonesia, banyak faktor yang menyebabkan hal ini salah satunya yaitu G.Argopuro adalah gunung dengan track terpanjang di Indonesia. Hal ini dikarenakan posisi awal pendakian yang dimulai dari ketinggian yang rendah yaitu sekitar 1046 MDPL. Tempat-tempat yang harus dikunjungi dan diabadikan di Gunung Argopuro antara lain Danau Taman Hidup, Savana besar Sikasur, SAvana Lonceng, Puncak Argopuro, Puncak Arca dan Puncak Rengganis. Jalur pendakian dapat diakses dari 2 arah angin yaitu arah barat Bermi dan dari arah timur yaitu Baderan. Gunung Argopuro banyak meninggalkan bekas-bekas arca, namun sayang saat ini arca sudah hancur oleh pencurian dan pengrusakan. Arca terletak di Puncak Arca dan Puncak Rengganis. Burung Merak adalah simbol dari Gunung Argopuro karena disini masih ada Burung Merak yang hidup secara alami. Sepanjang jalur pendakian Cisentor menuju Rawa Embik kita akan keluar masuk padang rumput yang banyak ditumbuhi oleh pohon bunga edelweis hingga setinggi tiga meter. Jika beruntung dan jika anda tidak terlalu berisik selama melewati padang rumput yang ditumbuhi oleh rumput “gimbal” ini anda akan bisa melihat burung merak. Sumber air terdapat di Danau Taman Hidup, yang bisa dijadikan juga tempat berkemah yang cukup luas dan nyaman sebagai tempat peristirahatan. Untuk mendaki Argopuro kalian membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari untuk naik dan turun karena perjalanan yang sangat panjang.
Keindahan Gunung Merbabu 
5. Gunung Merbabu (3142 Mdpl)
Merbabu, Gunung Tinggi nan cantik yang menjadi simbol kebanggaan Jawa Tengah. Gunung yang bersanding dengan Merapi ini dianggap masyarakat Selo sebagai Simbol Perempuan (ibu), yang menjadikan masyarakat sangat menghormati Gunung ini. Banyak sekali mitos yang beredar di G.Merbabu ada beberapa titik yang terdapat peninggalan Prasejarah Megalitikum yang bagi masyarakat setempat menjadikan G.Merbabu adalah tempat yang sakral. Di G.Merbabu banyak memiliki tempat menarik antara lain Padang Sabana, Situs Prasejarah dan air terjun Grenjengan Kembar. Merbabu memiliki tiga puncak tertinggi yaitu Puncak Syarif, Keteng Songo dan Triangulasi yang menjadi puncak paling tinggi diantara ketiganya. Dari puncak G.Merbabu kalian bisa melihat pemandangan Desa Selo, Kota Semarang, Kota Boyolali dan Barisan Gunung yaitu Gunung Andong, Sundoro, Sumbing dan Pasangan merbabu yakni Gunung Merapi juga Gunung Telomoyo dan Unggaran. Sabana, Padang Rumput yang luas adalah daya tarik utama G.Merbabu, Air adalah hal yang langka disini karena sumber air hanya ada di jalur pendakian Wekas dan dekat kawah Condrodimuka. Daya tarik utama dari Merbabu adalah matahari terbenamnya, banyak sekali pendaki yang mengakui bahwa sunset terindah adalah di Gunung Merbabu. Pendakian bisa dimulai dari Wekas, Selo, Kopeng dan Chuntel, pendakian terdekat adalah via wekas dan terjauh adalah via Selo. Untuk mendaki G.Merbabu dibutuhkan waktu sekitar 1-2 hari, jalur jelas dan tidak telalu berbahaya yang hanya diperhatikan dalam mendaki Merbabu adalah air.
Gunung Merapi dan Awan Panasnya
6. Gunung Merapi (2968 Mdpl)
Gunung paling terkenal se Indonesia adalah Merapi, Gunung yang disakralkan oleh masyarakat Jawa Tengah khususnya Wilayah Istimewa Yogyakarta. Gunung api aktif yang sering sekali meletus dan terakhir mengeluarkan wedus gembelnya adalah tahun 2010 yang lalu,  keunikan lain dari Gunung Merapi adalah letusannya relatif sering, atau siklusnya empat tahunan. Lalu gunung tersebut mudah diakses oleh masyarakat. Perbedaan dari gunung api lain di dunia adalah bahwa Merapi di lerengnya dihuni banyak warga, sementara di negara lain, lereng gunung berapi jarang dijadikan permukiman penduduk. Untuk mencapai Puncak Gunung Merapi kalian bisa melewati jalur utama Kaliurang dan Lewat Selo, tetapi jalur pendakian Kaliurang di tutup sejak lama. Pemandangan dari Puncak Garuda sungguh indah sekaligus mengerikan karena jurang kawah menganga lebar, harus ekstra hati-hati dalam melangkah dan jangan bermain-main di puncak. Camp terakhir sebelum ke puncak adalah pasar bubrah yaitu dataran lapang berpasir mendatar yang sangat cocok untuk membangun tenda sebelum ke puncak. Dari posisi ini kalian bisa melihat indahnya Gunung Merbabu di depan kalian, matahari terbenam akan semakin indah dengan biasnya Gunung Merbabu. Pendakian dari Selo membutuhkan waktu 5-6 jam. Puncak Limas menjadi puncak tertinggi saat ini, bisa juga disebut sebagai “New Puncak Garuda” karena menggantikan keberadaan puncak legenda Merapi yang berubah karena erupsi tahun 2010 silam. Puncak tertinggi bisa kita didekati, namun perlu sedikit perjuangan. Dengan sedikit melakukan usaha memanjati tebing batu, kita bakal sampai di bawah puncak tertinggi yang bentuknya meruncing.
Semeru dan Letusannya
7. Gunung Semeru (3676 Mdpl)
Film adalah salah satu alasan kenapa gunung ini sangat terkenal saat ini dan menjadi gunung paling favorit untuk di didaki kisaran 3 Tahun terakhir. Hal ini menjadikan G.Semeru dibatasi kuotanya setiap hari dan di tutup jika cuaca buruk dan kegiatan konservasi, sama seperti sistem yang digunakan di Gunung Gede Pangrango. Hal yang paling menarik dalam pendakian G.Semeru adalah danau tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Ranu Kumbolo. Danau tinggi dengan pemandangan luar biasa mempesona siapa saja yang bertamu ke G.Semeru, ini juga menjadi sumber air bersih untuk para Pendaki. Secara perizinan sebenarnya pendakian G.Semeru hanya sampai Kalimati dan tidak diizinkan mendaki sampai Puncak tertinggi Mahameru, karena sangat berbahaya dan medan yang sangat berat. Tempat-tempat menarik di G.Semeru antara lain, Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, Oro-Oro Ombo dan Mahameru. Harap berhati-hati jangan berada di Puncak jika matahari sudah tinggi, turunlah karena arah angin akan berubah yang berdampak pada resikonya terhirupnya gas beracun dari kawah Jonggring Saloka. Medan Terberat adalah dari Pos Arcopodo – Mahameru, membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk ke atas. Medan pasir berbatu, yang menjadikan langkah naik 2 kali turun 1 kali. Masyarakat Tengger percaya jika Mahameru adalah tanah para dewa yang berhubungan dengan Gunung Agung di Bali, hal ini ditunjukkan karena masyarakat Tengger mayoritas adalah pemeluk agama hindu. Janganlah berenang di Ranu Kumbolo karena sangat berbahaya dan airnya bisa membuat hipotermia. Kalian membutuhakn waktu sekitar 1-2 hari untuk ke Puncak Mahameru, dan mayoritas pendaki melalui Jalur Ranu Pane.
8. Gunung Agung (3124 Mdpl)
Pura dan Gunung Agung

Dewata Bali si Pulau para dewa. Ternyata tidak hanya memiliki bentang alam laut yang indah, tapi juga memiliki dataran tinggi dan pegunungan yang luar biasa mempesona. Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali yang terletak di kecamatan Rendang Karang Asem. Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano, memiliki kawah yang sangat besar. Jika ingin ke puncak tertinggi Gunung Agung kalian harus melalui pendakian dari Pura Besakih, dari posisi ini gunung Agung nampak runcing sempurna, padahal puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang sangat luas dan dalam. Bagi para turis luar negeri gunung ini menjadi salah satu destinasi pendakian favorit bagi mereka, karena berada di puncak Agung kalian akan melihat pemandangan pulau bali yang bertemu laut bahkan jika cerah kalian bisa melihat Gagahnya Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok. Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa Gunung Agung adalah tempat bersemayamnya para dewa-dewa, oleh karena di Puncak Agung terdapat banyak sesajen yang disajikan untuk para dewa-dewa, Sebagai istana para dewa, masyarakat bali menjadikan tempat ini sebagai tempat kramat yang disucikan, menurut mitologi hindu Gunung Agung berkerabat dengan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Semeru. Terdapat 4 pintu untuk mendaki Gunung ini yaitu Pura Pasar Agung, Budekeling, Dusun Junggul dan Pura Besakih. Pendakian ke Puncak Agung dari Pura Besakih membutuhkan waktu sekitar 6 jam, sedangkan dari Pasar Agung sekitar 4 jam (tapi tidak sampai puncak tertinggi). Pantangan yang harus dihindari adalah tidak boleh membawa daging sapi dalam bentuk apapun, hal ini dikarenakan masyarakat Bali sangat menghormati Sapi sebagai hewan suci umat hindu. Sebagai informasi tambahan, Gunung wajib menggunakan guide lokal supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Rinjani dan Danau Segera Anak
9.  Gunung Rinjani (3726 Mdpl)
Rinjani dalam bahawa jawa kuno artinya adalah Tuhan, hal ini dikarenakan Rinjani adalah tempat sakral untuk masyarakat Bali Lombok sebagai tempat pemujaan para dewa umat hindu. Gunung Rinjani merupakan gunung api besar tertinggi ketiga di Indonesia yang menjulang tinggi di Pulau Lombok. Mendaki ke puncak Gunung Rinjani tidaklah mudah namun sepadan rasanya jika Anda telah sampai di puncak dan menikmati salah satu pemandangan yang terindah di Dunia. Gunung ini merupakan bagian dari ‘cincin api’ yang terkenal dan memegang peranan penting dalam aspek kehidupan spiritual masyarakat setempat. Di dalam kawasan gunung terdapat danau indah yang terdapat Gunung Kecil yang masih aktif yaitu danau Segara Anak, memiliki diameter sekitar 6 km. Danau sulfur ini berada 600 m di bawah lereng kawah. Gunung api yang baru yaitu Gunung Baru yang merupakan akibat dari erupsi bertubi-tubi tahun 1990an. Segara Anak merupakan tempat spiritual. Orang Bali datang kesini setiap tahun dan untukmengadakan upacara yang disebut pekelan dimana perhiasan ditempatkan di danau sebagai persembahan kepada roh gunung. Sedangkan Masyarakat Wetu Telu datang ke sini untuk berdoa pada malam bulan purnama. Bagi para pengunjung, rute trek Rinjani membutuhkan waktu 3 hari meliputi trekking dari Senaru lalu berlanjut ke Sembalun Lawang, Rinjani disebut sebagai tempat penjelajahan terbaik di Asia Tenggara. Puncak Rinjani ini dapat ditempuh dari Sembalun Lawang dan menghabiskan waktu 4 hari yang berakhir di Senaru. Terdapat gua-gua cantik di Rinjani, Ada 3 gua yang terkenal yaitu Gua Susu, Gua Payung dan Gua Manik. Gua Susu merupakan tempat yang cocok untuk merefleksikan diri dan sering digunakan untuk bermeditasi. Dan jangan lupa segarkan tubuh Anda di mata air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Saluran mata air panas yang disebut kokok putih merupakan tempat yang sempurna untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah.

Jajaran Pegunungan Jayawijaya
10. Gunung Jawawijaya (Cartenz Pyramid) (4884)
Pegunungan Jayawijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah provinsi Papua Barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua Newguinea di Pulau Irian. Pegunungan Jayawijaya juga menjadi surganya para peneliti geologi dunia karena banyak sekali terdapat fosil-fosil makhluk purbakala yang membuktikan bahwa dahulu kala tanah bumi Papua ini adalah dasar laut, hal ini dibuktikan dengan terdapatnya fosil laut yang notabenya tidak mungkin berada di Gunung. Pegunungan Jayawijaya juga merupakan satu-satunya pegunungan dan gunung di Indonesia yang memiliki puncak yang tertutup oleh salju abadi, namun saat ini salju yang dimiliki oleh Jawawijaya semakin berkurang. Posisi puncak tertinggi adalah Cartenz Pyramid, yang termasuk sangat sulit untuk diakses karena harus melewati tebing besar berbentuk segitiga yang harus dilalui dengan tali temali. Gunung Jayawijaya dikenal sebagai salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia (seven summit). Oleh sebab itu, mendaki puncak setinggi 4.884 meter dpl merupakan cita-cita para pendaki dunia, apalagi pendakian ke Puncak Jaya merupakan penaklukan terhadap gunung yang berselimut salju. Kandungan es di pegunungan ini diperkirakan mencapai 5 persen dari cadangan es dunia yang berada di luar Benua Antartika. Namun akibat pemanasan global, jumlah tersebut dari tahun ke tahun kian menyusut. Masalah lain yang sulit untuk dilakukan untuk mendaki gunung ini karena izin yang luar biasa sulit, karena harus mendapatkan izin dari perusahaan tambang Freeport. Banyak sekali pendaki yang gagal untuk menjejaki gunung ini karena izin yang dilakukan sangat sulit dan termasuk paling mahal. Bahkan di Dunia Gunung ini sangat terkenal karena sulitnya perizinan mendaki Gunung ini, disamping medanya juga yang sulit.

Inilah kira-kira 10 Gunung yang harus kalian daki sebelum pensiun, walaupun masih banyak si Gunung-gunung yang lain yang tak kalah indah. Saya memilih Gunung ini karena bagi saya 10 Gunung ini adalah Gunung yang memiliki pesona lebih dibandingkan dengan yang lain. 🙂 
So Selamat mendaki, banyak membaca informasi tentang gunung-gunung ini ya, supaya lebih siap..

Silahkan Berlangganan Artikel di Blog ini, dengan memasukkan email kalian ya 🙂 

Komentar