Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah Disini

Trik Gampang Menjadi Orang Kaya Raya Banyak Uang dan Halal

Trik Gampang Menjadi Orang Kaya Raya Banyak Uang dan Halal
Foto/ilustrasi/net

ExtraNews – Bagaimana ya cara menjadi orang kaya? Uang memang bukanlah segalanya. Tapi hampir segala hal bisa jadi mudah berkat uang. Karena itulah pertanyaan bagaimana cara menjadi kaya sering diungkapkan.

Masalahnya, jadi kaya itu gak cuma menghitung angka-angka harta yang dikumpulkan. Dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan untuk mendapatkan kesuksesan.

Tentu saja kita gak bicara soal mereka yang kaya dari lahir atau keturunan ningrat yang hartanya gak habis dimakan 7.777 turunan. Sebaliknya, yang kita bahas adalah para miliarder yang memulai semuanya dari nol.

Berikut ini delapan cara menjadi orang kaya yang mudah dilakukan dan dijamin aman serta halal.

1. Cara menjadi orang kaya adalah dengan fokus pada hal besar

Betul, menabung dari pengeluaran kecil tiap hari itu baik. Misalnya dari kebiasaan beli gorengan Rp 10.000 atau kopi di kafe Rp 30 ribu. Tapi mau sampai kapan bisa kaya dari pengeluaran kecil seperti itu?

Belajar dari Warren Buffet, fokuslah pada hal besar sedari dini. Satu hal besar penentu kemakmuran adalah rumah. Jadi, ketika ada dana dan kesempatan, segeralah alokasikan pengeluaran untuk membeli rumah meski harus lewat kredit. Gak perlu jugalah nungguin DP 0 persen. Ntar keburu Lebaran Kuda!

2. Tabung dulu, belanja kemudian

Warren Buffet punya kata mutiara: “Janganlah menabung sisa uang belanja, melainkan belanjalah menggunakan sisa uang yang telah ditabung.”

Patok dulu berapa persen tabungan dari penghasilan sebulan, misalnya 30 persen. Bila gaji Rp 10 juta, umpamanya, berarti langsung gembok Rp 3 juta di rekening tabungan, barulah sisanya dipakai untuk keperluan lain. Inilah cara agar disiplin menabung dan sekaligus cara yang paling efektif.

BACA JUGA INI:   Program Container Farming Pertama di Ibu Kota, Percepat Masa Tanam Hidroponik

3. Gandakan Penghasilan

Apakah para miliarder hanya punya satu sumber penghasilan? Mustahil. Pasti ada keran-keran duit yang dibuka di mana-mana. Itulah yang namanya penghasilan pasif. Misalnya punya toko yang udah berkembang, lalu bangun rumah kos untuk disewakan.

Toko jadi sumber penghasilan utama, sementara rumah kos adalah pengganda. Intinya, penghasilan pasif mesti didapat dari kegiatan yang gak bentrok dengan penghasilan utama dan gak perlu ditongkrongin sepanjang waktu.

4. Fokus pada aset terpenting

Upaya dan kerja kerasmu gak bakal berguna bila kamu gak bisa fokus pada aset terpenting: diri sendiri. Mark Cuban, pebisnis dan dermawan asal Amerika, membuktikan sendiri cara yang satu ini.

Seseorang haruslah terus belajar dan mengasah diri sebagai aset untuk menjadi kaya. Tanpa itu, orang bakal terjebak dalam kejumudan dan susah maju.

5. Jangan setengah-setengah

Kamu harus tahu potensi diri, dan memaksimalkannya untuk meraih puncak kesuksesan. Bukan malah gampang merasa puas atau malah rendah diri.

Grant Cardone, yang merupakan pebisnis, penulis, sekaligus pakar pelatihan potensi diri, mengatakan orang yang ingin sukses mesti menjadi yang terhebat dalam bidang yang digeluti. Makanya, tumpahkan peluh keringat hingga darah agar gak jadi orang yang biasa-biasa saja.

6. Tanam duit

Ini nih cara yang paling gampang dilakuin. Kebanyakan miliarder adalah pengusaha sekaligus investor.

BACA JUGA INI:   Dimanapun Berada, TNI Disambut Baik Rakyat

Sebab mereka sadar akan pentingnya menanam duit. Makin dini dilakukan, makin besar pula peluang meraih sesuatu dari investasi itu. Bahkan, kalau bisa mulailah saat masih jadi mahasiswa.

Cari tahu jenis investasi yang dirasa cocok, lalu seriuslah di sana. Sebaiknya tebar benih duit di satu-dua jenis investasi dulu, barulah memperluas lahan agar hasil panen lebih berlimpah. Alokasi 15 persen dari penghasilan udah cukup untuk memulai langkah ini.

7. Bijak saat “nemu duit”

Nemu duit? Pasti senang bukan kepalang. Tapi, alih-alih langsung membelanjakannya karena gak masuk rencana keuangan, sebaiknya disisihkan buat penggemuk tabungan.

Nemu duit di sini bukan berarti dapet duit jatuh di jalan ya. Maksudnya adalah dana yang masuk tanpa diduga, misalnya bonus dari kantor, laba usaha yang melebihi perkiraan, atau bahkan hadiah undian dan warisan.

8. Bijak berutang

Gak ada yang salah dengan utang. Yang salah adalah berutang tanpa rencana matang dan demi hal yang sebenarnya gak penting.

Kadang datang godaan untuk berutang padahal barang yang akan dibeli bukanlah kebutuhan. Misalnya kredit iPhone terbaru padahal hape lama masih oke punya. Kalau dari muda udah banyak utang konsumtif, bagaimana bisa tua kaya raya?

9. Gak cuma punya BPJS, manfaatkan juga produk asuransi

BPJS memang menjadi solusi melindungi keuangan dari risiko-risiko yang bisa saja terjadi pada siapa saja, dan kapan saja. Risiko tak terduga tersebut tak jarang bikin keuangan tekor hingga seseorang jatuh dalam utang.

Nah, menjadi peserta BPJS saja belum cukup lho. Rata-rata orang kaya melindungi kekayaan atau aset yang dikumpulkan dengan susah payah dengan cara menjadi nasabah asuransi, baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa.

BACA JUGA INI:   Bercampur sedih, Anak-anak Desa Saka Lagun Rela Melepas Kepulangan Anggota Satgas TMMD

Salah satu produk asuransi ada dari Bank BRI. Sebagai instansi keuangan yang unggul dalam jasa pelayanan perbankan, Bank BRI turut menawarkan produk proteksi finansial melalui asuransi sebagai bagian dari program layanan masyarakat dari pemerintah.

Asuransi BRI terbagi menjadi tiga jenis produk perlindungan, yaitu:

  • BRI Life jiwa yang memberikan manfaat santunan tunai untuk keluarga nasabah.
  • BRI Life kesehatan yang memberikan pertanggungan biaya medis di rumah sakit atau klinik.
  • BRINS yang memberikan perlindungan ganti rugi atas aset perusahaan dan kebutuhan lainnya.

Jika yang kamu cari adalah produk perlindungan yang mengedepankan syariat, kamu bisa memanfaatkan proteksi asuransi syariah. Asuransi syariah di Indonesia diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah dari MUI sehingga sudah terjamin halal.  [*]