oleh

Tokoh Nasional Dari Sumsel Dapat Gelar Bangsawan

KETUA BPK AGUNG FIRMAN SAMPURNA TERIMA GELAR BANGSAWAN DARI KERATON SURAKARTA

 

SURAKARTA, Extranews — Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agung Firman Sampurna menerima gelar kebangsawanan, dalam anugerah gelar yang diterima oleh  Kanjeng Pangeran Harya Dr. Agung Firman Sampurna Purnadiningrat, S.E., M.Si., CSFA., CfrA., CGCAE. Agung adalah alumni Unsri Palembang yang saat ini menjabat Ketua Umum PN Ika Unsri.

Gelar Kanjeng Pangeran Harya (KPH) tersebut mengartikan bahwa Agung Firman Sampurna mendapat anugerah pangkat bangsawan dan menjadi bagian dari keluarga besar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo.

Pemberian gelar kehormatan ini dilakukan langsung oleh Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sri Susuhunan Paku Buwono (PB) XIII, kepada Agung Firman Sampurna di Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (9/3/2021).

Berita Terkait!:   Persyaratan WAJIB Penumpang Lion Air Group Periode Berjalan: 07 Juli 2021 – 20 Juli 2021

Selain Agung Firman, gelar bangsawan juga diberikan kepada isteri dari Agung Firman Sampurna, Dian Anggraini. Adapun gelar yang diberikan, yakni Kanjeng Raden Ayu (KRAy) Dian Anggraini Setyaningsih.

Gelar ini diberikan pada orang-orang yang dinilai telah memberikan kontribusi dan jasa-jasa pada daerah, khususnya untuk sumbangsih terhadap pelestarian budaya yang ada di kawasan Keraton Kasunanan Surakarta dan tradisi Nusantara.

Kegiatan tersebut berlangsung sangat sakral dan dijaga ketat oleh pegawai keraton. Dimana para penerima gelar kehormatan dan undangan memakai busana tradisional Surakarta lengkap. Prosesi pemberian gelar diawali dengan keluarnya Sinuhun PB XIII dari Dalem Ageng Prabasuyasa menuju Sasana Sewaka, sekitar pukul 11.00 WIB. Dalam kesempatan itu juga digelar tarian Bedaya Ketawang oleh penari Keraton Kasunanan Surakarta. Humas BPK

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya