oleh

TMMD 110 Tambakrejo, Bersama Dinkes Bojonegoro Sosialisasikan Jajanan Anak

-Berita-95 views
HPN XLVII Dan HUT PWI Ke 75 Provinsi Sumsel di Kabupaten Banyuasin

BOJONEGORO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegeoro, memberikan sosialisasi keamanan pangan jajanan bagi Anak Sekolah dilokasi kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 110 tahun 2021 di Balai Desa Ngrancang, Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (30/3/2021)

Sosialisasi yang dilaksanakan opada kegiatan program bagian dari operasi bakti TNI yang memgambil tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” diikuti anak-anak usia SD di Desa Ngrancang.

Hadir dalam acara ini Kepala Puskesmas Tambakrejo, para Guru SD Negeri Ngrancang, siswa siswi SD Ngrancang, Perangkat Desa dan Para Satgas TMMD. Serta menghadirkan narasumber
Hariyono, S.ST., selaku PL Kesling (Kesehatan Lingkungan) Dinkes Pemkab Bojonegoro.

Bagus DiBaca Juga:   Resep Pisang Goreng Crispy yang Nikmat

Dalam paparannya, Hariyono, mengatakan, makanan jajanan merupakan masalah yang perlu menjadi perhatian masyarakat, karena terdapat beberapa makanan jajanan yang tidak higienis sehingga sangat beresiko tehadap cemaran yang dapat mengganggu kesehatan.

“Anak sekolah dasar sangat rentan dalam masalah ini, karena anak tersebut belum mengerti cara memilih jajanan yang sehat sehingga dapat berakibat buruk pada kesehatannya sendiri,” jelasnya.

Ditambahkan, bahwa anak sekolah biasanya sering melupakan sarapan pagi dan memilih membeli makanan jajanan sekolah. Anak-anak membeli makanan jajanan menurut kesukaannya tanpa memikirkan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

“Pangan yang aman dan bermutu dapat dihasilkan dari industri pangan besar maupun dari industri rumah tangga. Pangan yang aman adalah pangan yang terbebas dari bahaya biologi, kimia dan fisik serta penanganan pangan yang baik dapat membuat pangan menjadi terbebas dari ketiga bahaya tersebut,” tambah Hariyono.

Bagus DiBaca Juga:   Satgas TMMD Bawa Semen Dengan Cara Dipikul

Sementara itu, Komandan SSK Satgas TMMD Kodim 0813 Bojonegoro, Lettu Ckm Suroto, mengatakan, kegiatan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dan khususnya anak anak tentang kemananan pangan.

Kemanan pangan bagi anak anak yaitu denagn cara melakukan penyebaran informasi keamanan pangan melalui pertemuan keamanan pangan jajanan anak sekolah bagi pedagang atau petugas kantin sekolah.

“Diharapkan dengan informasi dapat meningkatkan perilaku dan kebiasaan seluruh komunitas sekolah untuk terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat,” Ujar Lettu Ckm Suroto. (Pendim 0813)

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya