Tips Sebelum Mengajak Anak Mendaki Gunung

Mendaki Bersama Anak Kegiatan yang Cukup Menyenangkan
Pernah membayangkan mendaki bersama anak kalian yang masih kecil? atau bahkan kalian sudah coba walaupun bukan gunung yang terlalu tinggi, mungkin sekedar tracking sedikit menuju curug (air terjun) atau gunung dan bukit dengan ketinggian dibawah 1500 mdpl. 

Saya pernah sekali melihat ada pasangan pendaki yang membawa anaknya ikut serta mendaki gunung, umur anak itu sekitar 5 tahun dan saat itu posisi saya sedang mendaki Gunung Gede Pangrango. Anaknya sangat ceria dan sangat gembira saat berjalan menyisiri track tanah yang cukup licin saat itu karena habis hujan, saya sempat bertanya kepada pasangan ini dengan rasa penasaran.

“Pak ini sampai puncak anaknya?” tanya saya itu. 
“Iya mas, sampai puncak dan dia seneng banget..” Jawab ayahnya.

Bisa dibayangkan anak sekecil itu dengan langkahnya yang kecil sampai puncak Gunung Gede yang membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam sampai puncak, betapa kuat dan sabarnya orang tuanya juga salut sama adiknya yang terlihat sangat senang dengan kegiatan pendakianya.

Buat kalian yang berencana untuk membawa anaknya mendaki, mungkin ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Berikut tips dan saran yang bisa bermanfaat untuk rencana ini:

Pahami Kondisi Anak Terlebih Dahulu
Sebagai orang tua kita harus bijak dalam memilih aktifitas yang baik untuk anak, kita ga bisa secara tiba-tiba mengajak anak kita naik gunung tanpa melihat kondisi anak sebelumnya. Minat anak kadang berbeda-beda ada yang suka bermain di alam bebas, ada yang suka menghabiskan waktunya dengan buku dan lain hal, ada yang sukanya bermain di tempat yang ramai misal mall, dsb.

Tentukan Usia yang Paling Tepat
Kapan umur yang paling cocok? tentu setiap anak berbeda-beda, ada yang siap diumur 5 tahun, ada yang bahkan lebih dari itu. Sebagai saran yang baik adalah pertimbangkan kemampuan anak berjalan, pastikan dulu anak anda sudah bisa berjalan dengan baik dan terlatih untuk berjalan cukup lama. Pastikan juga anakmu cukup tahan dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah, matahari yang tadinya sangat panas menyengat menjadi sangat dingin menusuk tulang. Kondisi bagi anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah dan tidak terbiasa akan hal itu lebih baik tidak terlalu dini untuk diajak, karena takutnya malah beresiko pada kesehatan tubuhnya.

Kenalkan Perlahan Dengan Alam dan Gunung
Bawalah anak anda ke alam bebas yang tidak terlalu ekstrim medanya, mungkin bukit-bukit kecil dan buatlah perjalanan itu menyenangkan. Mulailah memilih tempat wisata yang dekat dengan alam, seperti curug, kebun teh, pohon-pohon, sungai dsb. Biarkan mereka mengenal udara sejuk pegunungan dan perkenalkan kepada mereka rasa dinginya, hal ini akan memberikan mereka pengalaman terkait alam bebas dan mencegah agar mereka tidak mengalami shock.

Pertimbangkan Rencana Perjalanan
Akomidasi sangat penting untuk direncanakan, terkait betapa repotnya membawa anak-anak saat di perjalanan. Pilihlah alat transportasi yang baik dan nyaman untuk anak-anak, jangan sampai anak mengalami kebosanan dan ketidaknyamanan karena penting sekali untuk menjaga mood anak. Pertimbangkan juga musim cuaca yang sedang terjadi di daerah tersebut, kira-kira musim apa yang paling membuat anak nyaman dan bahagia mungkin bisa menjadi pertimbangan.

Pilihlah Alat Mendaki yang Nyaman
Pilih baju yang nyaman, celana yang nyaman dan tidak terlalu berat untuk dibawa. Gunakanlah jaket yang bisa menghalau dingin dengan warna kesukaanya, dan jangan gunakan pakaian yang membuat dia risik dan tidak nyaman karena bisa berdampak negatif untuk moodnya. 

Mendaki Bersama Kelompok
Mungkin ini bisa dijadikan rekomendasi untuk dilakukan, misal dalam satu kelompok ada dua keluarga yang bisa saling membackup satu sama lain. Bisa juga mereka membawa anak mereka juga untuk menemani buah hati kita supaya tidak merasa kesepian, jadikanlah kelompok ini nyaman untuk mendaki bersama dan bisa direkomendasikan kelompok ini adalah orang yang keluarga anda kenal dengan baik.

Logistik dan Obat untuk Anak
Bawalah logistik yang sesuai dengan umur anak, bawalah makanan yang ia sukai dan bawalah obat yang dibutuhkan untuk si anak. Makanan yang ia suka akan membuat anak cenderung mudah untuk makan dalam kondisi apapun dan kita bisa memantau anak supaya tercukupi gizinya. Anak yang punya penyakit bawaan misal alergi dingin dsb mungkin bisa disiapkan obatnya, supaya bisa di minimalisir dampak terburuknya.

Itulah kira-kira saran yang bisa dilakukan untuk kalian yang berencana ingin membawa anak ke Gunung, semoga bermanfaa ya Selamat Mendaki ^^v



BACA JUGA INI:   Cara Mengatasi Kram Otot Saat Pendakian

Komentar