oleh

Tips Memilih Sarung Tangan Gunung

Sarung Tangan dengan Bahan Anti Air dan Polar di dalamnya
Juga ada penutup di pergelangan tangan.
Suhu di Gunung yang dingin kadang membuat pendaki sulit untuk bermanuver saat mendaki ataupun melakukan aktifitas lain, bukan karena apa-apa kadang alasan utamanya adalah kulit kita tidak bisa menyentuh sesuatu yang terlalu dingin di pegang, misal batu, batang pohon, tanah dsb saat pagi buta. Termasuk tangan kita yang mudah sekali kedinginan bahkan ketika tidak menyentuh apapun, biasanya secara reflek tangan kita akan mencari kehangatan dari tubuh kita seperti lipatan ketiak dan lipatan tubuh lainya yang cenderung hangat. Sebenernya kekurangan kita ini bisa diminimalisir dengan cara penggunaan sarung tangan.
Pada keadaan sebenarnya jarang pendaki gunung di Indonesia menggunakan sarung tangan gunung, bukan karena tidak familiar dengan sarung tangan gunung tapi mereka memang tidak terbiasa untuk menggunakan sarung tangan gunung (termasuk saya). Sarung tangan gunung ini cukup berguna untuk menghalau dingin dan lebih aman dalam mendaki karena bisa melindungi tangan dari benda-benda yang berbahaya. Saya menyarankan untuk kalian yang mempunyai budget lebih belilah sarung tangan untuk menambah keamanan aktivitas pendakian gunung.
Berikut adalah tips bagaimana cara memilih sarung tangan gunung yang baik dan benar:
Ukuran Sarung Tangan
Pilihlah Ukuran yang pas dan tentu nyaman untuk dikenakan di tangan, ketika kita menggunakanya rasanya seperti tidak terganggu dalam pergerakan jari jemari kita. Kebanyakan menurut pengalaman saya sarung tangan yang kebesaran menjadikan kita sulit untuk melakukan pergerakan, dan sarung tangan yang kekecilan akan sulit juga digunakan terlebih akan cenderung mudah rusak.
Bahan Sarung Tangan
Bahan kulit di bagian luar cukup dianjurkan, apalagi kalian mendaki di gunung dengan medan yang aduhai (sebut saja Gn.Dompu). Bahan kulit menjadikan tangan kita terlindung dengan baik dari benda tajam dan barang berbahaya lainya. Sebagai rekomendasi bagian dalam sarung tangan pilihlah yang memiliki polar, supaya tangan kita bisa terasa hangat saat berakitifias di cuaca yang sangat dingin.
Anti Air (Waterproof)
Bahan ini juga direkomendasikan apalagi jika cuaca dengan hujan dan kita butuh pergerakan untuk melakukan pendakian, tapi bahan ini tidak bisa dipakai terlalu lama apalagi saat siang hari karena tangan kalian kemungkinan besar sulit memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang tertutup mengakibatkan tangan mudah lecet dan terluka.
Sarung Tangan yang Fleksibel
Maksudnya adalah pergerakan jari, pergelangan tangan dan telapak tangan tidak mengalami kesulitan dalam bergerak. Karena ketika sarung tangan terlalu kaku maka kita akan sulit melakukan sesuatu misalnya mencengkram, memegang dan lainya, oleh karena itu pilihlah sarung tangan yang cukup baik untuk pergerakan tangan kita.
Itulah kira-kira yang bisa dipertimbangkan dalam memilih sarung untuk mendaki gunung, perlengkapan ini cukup penting karena bisa melindungi kita dari berbagai hal yang berbahaya dan bisa membantu kita melawan rasa dingin yang kadang paling terasa di daerah tangan.
Semoga bermanfaat Selamat mendaki
Berita Terkait!:   Seblak ceker kuah santan

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya