Tips Anti Buntu Cekak Bokek Pas Lebaran

ExtraNews – Lebaran merupakan momentum yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di Indonesia.

Bagaimana tidak? Ketika Lebaran tiba, maka saat itulah ada yang namanya THR atau biasa disebut Tunjangan Hari Raya. Bagi para pekerja, ia yang biasanya hanya mendapatkan gaji bulanan akan mendapatkan insentif tambahan dari THR. Tapi awas! Kebanyakan orang akan langsung menghabiskan semuanya dalam yang singkat.

Mentang-mentang dapet uang banyak, tak sedikit orang yang menjadi berlebihan dalam melakukan pengeluaran. Bahkan banyak yang berdalih, momen lebaran ini hanya terjadi setahun sekali. Banyak sekali masyakarat yang tak mampu menahan keinginan dan berujung pada ketidaksehatan kondisi keuangan pasca Lebaran.

Maka dari itu, Generasi Cerdas Keuangan punya tips jitu agar Lebaranmu aman dan nyaman secara keuangan. Yuk simak tips berikut ini :

BACA JUGA INI:   Viral Ken Arok Main Lato-Lato, Ahli: Itu Buah Z*kar Arca

1. Belanjakan untuk Barang yang Dipakai Jangka Lama

Utamakanlah Tunjangan Hari Raya untuk kebutuhan pokok dan barang yang memiliki
manfaat pada jangka panjang.

2. Alokasi Dana THR

Bagi kamu yang bingung cara mengatur THR, Ada tips nih untuk alokasi dana THR-
mu yaitu dengan metode 10:20:30:40.
10% dari THR untuk sedekah dan zakat
20% untuk menabung atau investasi
30% untuk membayar utang (jika ada)
40% untuk kebutuhan sehari-hari saat pandemi ini.

3. Jangan tergoda promo dan diskon

Diskon dan promo pada masa Lebaran memang sangat menggoda. Namun, banyak cara untuk kamu agar dapat mengontrol diri saat ada godaan diskon dan promo, yaitu dengan cara memilah dan memilih barang mana yang merupakan barang kebutuhan dan barang keinginan, memegang teguh prioritasmu terhadap keperluan barang saat ini, dan tanyakan pada dirimu sendiri apakah barang yang sedang promo ini benar-benar menjadi kebutuhan yang kamu perlukan saat ini. Jika hanya keinginan, lebih baik niat untuk membeli. Sebaliknya, Jika barang ini memang kebutuhan, anda dapat membelinya. Diskon dan promo memanglah akan membantu meringankan pengeluaran tetapi jangan sampai malah membuatmu boros ya!

BACA JUGA INI:   Pemkab dan Forkopimda Muba Ikuti Rakor Lintas Sektor Ops Ketupat Musi 2023

4. Jadikan modal bisnis

Tidak ada salahnya memanfaatkan THR untuk modal bisnis agar mendapatkan sumber pendapatan tambahan. Terlebih, pada Lebaran 2022 ini, saat ada larangan mudik dari pemerintah, banyak orang yang belum dapat pulang kampung namun tetap ingin berbagi sukacita kepada keluarga di rumah. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis bagi Anda. Manfaatkan momentum tersebut dengan membuka usaha kecil, seperti jualan hampers atau parsel Lebaran, makanan beku atau kering yang bisa dikirim untuk diberikan ke orang terkasih ataupun untuk stok makanan ketika Lebaran. [red*]

 

Komentar