Tingkatkan Potensi dan Daya Saing SDM, Disnakertrans Muba Teken MoA dengan PPSDM Migas Cepu

MUBA-SUMSEL, ExtraNews – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Muba terus gencar meningkatkan skill dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya bagi kalangan generasi millenial pencari kerja (pencaker) asal Muba dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) milenial yang berkualitas menghadapi pasar industri kompetitif dengan memprioritaskan pelatihan berbasis kompetensi.

Salah satunya yang dilakukan pada Senin (9/1/2023) bertempat di PPSDM Migas Cepu, Kepala Disnakertrans Muba Mursalin SE MM melakukan Penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Kepala PPSDM Migas Cepu, Waskito Tunggul Nusanto.

Dikatakan Mursalin, adapun ruang lingkup Memorandum of Agreement (MoA) tersebut yakni, Sinergi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan dan Sertifikasi dalam bidang Industri Migas, Sinergi Pembangunan dan Pengembangan Pusat Vokasi terintegrasi khususnya dalam bidang Industri Migas, Sinergi Pembiayaan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan dan Sertifikasi dalam bidang Industri Migas dan Sinergi Perencanaan Pengembangan SDM (roadmap) dan Penyerapan Tenaga Kerja dalam bidang Industri Migas.

BACA JUGA INI:   Pemkab Muba Beri Bantuan kepada Korban Kebakaran Rumah di Kecamatan Lais

“Kesepakatan ini dibuat dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing putra putri daerah Kabupaten Muba dalam memasuki pasar industri di daerah, tingkat provinsi, nasional bahkan tingkat Internasional. Selain itu juga meningkatan SDM lokal memang menjadi program strategis dan akan menjadi agenda rutin Pemkab Muba,”ujarnya.

Mursalin juga menyebutkan, bahwa ada Tujuh jurusan yang masuk dalam pelatihan Sertifikasi Bidang Industri Migas Bantuan Masyarakat Tahun 2023 yakni terdiri dari Operator Pesawat Angkat, Angkut dan Juru Ikat Beban Unit Rigger, Operator Pesawat Angkat Angkut dan Juru Ikat Beban Unit Forklift, Scaffolding Level Operator, Teknisi Instrumentasi Level I, Jurus Las (Welder), Operator Lantai Perawatan Sumur, dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Migas.

BACA JUGA INI:   Pemilik Gudang Minyak Ilegal Dituntut 1,3 Tahun Penjara

Sementara Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi di kesempatan lain, menyambut baik kabar tersebut. “Peningkatan SDM lokal memang menjadi program strategis dan akan menjadi agenda rutin Pemkab Muba,” kata Apriyadi.

Lanjutnya, selain kerjasama dengan PPSDM Migas, Pemkab Muba juga kerjasama sama dengan berbagai pihak dalam program pengembangan SDM di berbagai sektor ke depan.

“Ini tentunya dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing putra putri daerah Musi Banyuasin dalam memasuki pasar industri di Muba, Sumsel, Nasional bahkan tingkat Internasional,” untuk itu ayo terus bergerak bersinegri dan berkolaborasi bersama untuk kemajuan dan peningkatan SDM Musi Banyuasin pungkasnya. [rel]

 

BACA JUGA INI:   Las Tangki BBM, Meledak!, Pekerja Terpental 30 Meter

Komentar