oleh

Terkait Covid-19, Anita Stresing Soal Batas Wilayah Sumsel

HPN XLVII Dan HUT PWI Ke 75 Provinsi Sumsel di Kabupaten Banyuasin

Terkait Covid-19, Anita Stresing Soal Batas Wilayah Sumsel

Kayuagung, Extranews —-  Hj RA Anita Noeringhati, SH.,MH, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan, berkunjung ke Polres Ogan Komering Ilir (OKI) guna berkoordinasi tentang penanganan pembatasan wilayah terkait wabah Covid-19, Selasa (14/4/2020).

Sekira pukul 11.00 WIB, Setiba di Mapolres. Kedatangan beliau disambut Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy, SH.,S.Ik.,M.Si didampingi Dandim 0402/OKI – OI, Letkol Czi, Zamroni, S.Sos. Lalu ketiganya, berbincang terkait bagaimana penanganan pembatasan wilayah di Kabupaten OKI.

Hj RA Anita Noeringhati, SH.,MH yang juga selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumatera Selatan mengatakan, Kedatangan saya kesini ingin mendengarkan bagaimana penanganan yang dilakukan oleh gugus tugas Covid-19 Kabupaten OKI khususnya pada sektor keamanan.

Bagus DiBaca Juga:   Update 9 Juni 2020: Muba Bertambah 2 Positif Covid-19

“Karena beberapa waktu lalu, Saya sebagai Ketua DPRD meminta kepada Gubernur Sumsel untuk diperbatasan – perbatasan wilayah dilakukan pengetatan tidak hanya pemeriksaan Thermal Scanner, tetapi juga harus ada Screening yang lain – lain,”ujar dia seraya katakan, Malah ada usulan dari OKI dan itu bagus sekali.

Bagaimana kalau diperbatasan. Kata dia lagi, yang mau masuk dari wilayah luar, diperiksa juga dengan Rapid Test, jadi ketahuannya lebih cepat untuk memutus mata rantai Covid-19, sehingga tak sampai masuk ke wilayah OKI. Karena jika telah masuk ke OKI tentu bisa saja masuk wilayah kabupaten lainnya.

“Dan kalau bisa di semua perbatasan, tidak hanya di Kabupaten OKI, tetapi kabupaten lainnya juga. Karena di wilayah Sumsel ada beberapa perbatasan dengan provinsi lain. Bila dilaksanakan hal yang sama, InsyaAllah wilayah Sumatera Selatan bisa dilokalisir untuk tidak terkena penyebaran dari luar daerah,”tandas dia.

Bagus DiBaca Juga:   KNPI Sumsel Apresiasi Penanganan Wabah Covid-19 di Muba

Jadi kedatangan kami, banyak sekali yang telah tadi didapatkan baik dari segi keraguan Pemerintah Daerah Kabupaten OKI untuk menganggarkan. Masih kata dia, “Duit banyak tapi cakmano nak belanjakenyo. Nah, Itukan harus ada dasar aturan yang menjadi pegangan, Bukan hanya dari Inpresnya, tetapi juga mungkin lebih spesifik lagi agar tidak ada keraguan kepala daerah untuk itu.

“Nanti dari sini, kami akan melaporkan secara tertulis kepada ketua Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan. Setelah ini kunjungan kerja dilanjutkan ke perbatasan wilayah Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin (Muba). Sama seperti di OKI, Disana juga akan mendengarkan bagaimana penanganan Covid-19,”tukas dia.

Perlu dimaknai, saat ini kita tidak hanya harus waspadai dari dimensi Kesehatan dan Ekonomi tetapi juga keamanan. Lanjut dia, Karena dengan turunnya ekonomi kita, Jelas ditakutkan terjadi kerawanan, Jangan Sampai dampak Covid-19, aksi tindak kriminalitas menjadi meningkat. Iwan

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya