Terimakasih Pak Bupati, Kami Sekolah Tidak Naik Tongkang Lagi

Muba,Extranews – 31 Januari 2020 Meskipun belum di resmikan tetapi antusias warga sangat terlihat, ada penampakan sangat  mengharukan, Ratusan anak sekolah dasar di sekitar Jembatan Muara Medak 1 dan Muara Medak 2 bersukacita. Mereka riang gembira menyerukan terima kasih kepada Bupati Musi Banyuasin. Sebab, sejak dua jembatan di  Medak, Bayung Lencir selesai dibangun, mereka para siswa tak lagi naik tongkang ataupun perahu ketek untuk pulang pergi sekolah. Dua jembatan ini memangkas kesusahan sekaligus menghadirkan semangat menuntut ilmu. Dimana saat ini tercatat ada 15.127 jiwa penduduk Desa Muara Medak.
 “Terima kasih Pak Bupati kami tak perlu naik tongkang lagi. Terima kasih Pak Dodi jembatan ini mempermudah hidup kami,” begitu ungkapan rasa puas hati Nurhasanah warga Desa Muara Medak, Bayung Lencir.
Masyarakat juga sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin telah menuntaskan pembangunan infrastruktur Jembatan Medan I dan Jembatan Medan II.
“Kami menunggu kembali kehadiran Bapak Bupati Muba Dodi Reza Alex untuk meresmikan jembatan kami ini”, tambahnya.
Camat Bayung Lencir, Akhmad Toyibir SSTP MM, menjelaskan warga sangat bersyukur. “Jembatan Muara Medak 2 manfaatnya untuk menghubungkan Dusun 9 dan Dusun 2,4,7,5 dan 10 serta dusun 3 dan 4 Desa Muara Merang.  Selama ini kalau mau ke ibukota desa di Dusun 8 atau ke kantor camat warga harus  melewati Jambi. Sekarang warga  bisa langsung terhubung. Selain itu jembatan juga sebagai  akses patroli dan penanggulangan karhutla,” terang dia.
Seperti diketahui, dua unit jembatan pada ruas jalan Desa Mendis menuju Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir, mulai dibangun pada Juli 2019 yang lalu oleh Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex. Tujuan utama pembangunan jembatan adalah memutus kesusahan warga sekaligus menyambungkan wilayah terisolir.
Tak mau tanggung, sejak dibangun melalui Dinas PUPR Muba Dodi Reza Alex selaku Bupati Muba melakukan pengawasan ketat. Ia umpamanya, pada Selasa (15/10), didampingi Ketua DPRD Muba Sugondo, Kapolres Muba AKBP Yudhi Markus S Pinem, Kajari Muba SH MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi beserta Inspektur Kabupaten Drs Aidil Fitri dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muba H Herman Mayori ST MT, meninjau langsung progres pembangunan dua unit jembatan di Desa Muara Medak ini.
Di lapangan, Kepala Dinas PUPR Muba, Herman Mayori menjelaskan mega proyek infrastruktur dua jembatan dikerjakan oleh kontraktor PT Citra Prasasti Konsorindo dan konsultan PT Bennatin Surya Cipta. Dua unit jembatan tersebut yakni  Jembatan Medak I dengan spesifikasi rangka baja dengan panjang 120 meter  melintasi dusun 2 hingga dusun 8. Kemudian, Jembatan Medak II berupa jembatan komposit dengan panjang 70 meter.
Anggaran yang digunakan memakai APBD Muba melalui pembiayaan alternatif PT SMI dengan Pagu Rp 60 miliar lebih dengan anggaran yang digunakan sebesar Rp58 miliar lebih.
Sebuah potret nyata kini terpapar di depan kita. Pembangunan yang tepat sasaran sungguh membuat bahagia warga. Keseruan para siswa sekolah dasar meneriakkan bahagia adalah potret murni tanpa rekayasa. Anak- anak yang polos ini tanpa basa- basi menegaskan bahagia.
Kesan lain nya warga dan lainnya lebih terbantu untuk kegiatan ekonomi, seperti membawa hasil kebun ke luar dan masuknya kegiatan penjual dari luar lebih lancar.
Di samping itu, sekarang tidak perlu khawatir lagi, apabila masih dalam perjalanan meskipun sudah malam, karena tidak perlu repot-repot untuk cari perahu penyeberangan sepeda motor. rhm
BACA JUGA INI:   Pemkab Muara Enim Gelar Halal Bi Halal  Idul Fitri 1440 H

Komentar