oleh

Tanda Tangan Cegah Korupsi di Muaraenim

-Berita-56 views

Komitmen Cegah Korupsi Pengadaan Barang/Jasa

Muara Enim – Extranews
Untuk mencegah serta memberantas korupsi dalam pengadaan barang/jasa di wilayah Pemerintah Kabupaten Muara Enim, seluruh Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) menandatangani komitmen bersama atau fakta integritas.
Penandatanganan komitmen bersama tersebut dilakukan di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim, disaksikan langsung Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU), Jumat (23/04).

Dalam arahannya, HNU mengatakan fakta Integritas adalah dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi dan tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.
“Sehingga dengan adanya pakta integritas yang diterapkan bagi para pejabat dan seluruh pegawai negeri sipil, diharapkan dapat mencegah terjadinya penyimpangan di bidang pengadaan barang dan jasa, anggaran, serta peningkatan disiplin dalam bekerja,”tegasnya.
Lebih lanjut dirinya menerangkan, penandatanganan pakta integritas yang dilaksanakan pada hari ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 49 tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.
Dia berharap melalui penandatanganan pakta integritas kali ini, kembali dapat mengingatkan para pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator. Serta segenap jajaran di Pemerintahan Kabupaten Muara Enim, bahwa jabatan merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa yang tidak saja dipertanggung-jawabkan kepada pimpinan dan masyarakat, akan tetapi kelak juga diminta pertanggungjawaban di akhirat.
“Untuk itu jangan sia-siakan amanah tersebut, lakukan yang terbaik dalam pelaksanaan tugas dan jadikan pakta integritas sebagai motivasi dalam mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” pinta HNU
Dirinya menuntut kesanggupan para pejabat untuk tidak korupsi, kolusi maupun nepotisme. Plh Bupati menilai bahwa penandatanganan pakta integritas ini bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, menumbuh kembangkan keterbukaan dan kejujuran.
“Serta memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas, efektif, efisien dan akuntabel sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Muara Enim yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera,”tandasnya.NH
KOMITMEN : HNU menyaksikan penandatanganan komitmen bersama.

Bagus DiBaca Juga:   Dodi Minta agar Exit Tol Terkoneksi ke Golden Triangel Muba

 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya