oleh

Siap Vaksinasi di Muaraenim

Dinkes Siapkan Sarana Pendukung Vaksin, untuk persiapan Vaksinasi Untuk 3.145 Nakes di Muaraenim 

Muara Enim, Extranews —Pemerintah Kabupaten Muara Enim sudah menyiapkan sarana pendukung guna melakukan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Muara Enim. Salah satunya adalah lemari pendingin yang berada di gedung Instalasi Farmasi Kabupaten Muara Enim. 

Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim, Vivi Maryani melalui Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Supri Ahmadi, mengatakan saat ini Kabupaten Muara Enim siap untuk melakukan vaksinasi Covid-19. “Sarana dan prasarananya sudah kita siapkan, seperti cool room dengan ukuran 9 M3 yang biasa digunakan untuk menyimpan vaksin,” ujar Supri, Senin (4/1). 

Lanjutnya, persiapan pendukung lainnya terkait pelayanan kesehatan di rumah sakit HM dr HM Rabain, RS BAM, serta tiga rumah sakit Pratama dan satu rumah sakit DKT serta 22 puskesmas di Kabupaten Muara Enim juga telah disiapkan.

“Saat ini ada tiga refrigrator atau lemari pendingin yang akan dikirimkan ke rumah sakit Gelumbang, Lubai dan SDL. Artinya setiap rumah sakit dan 22 puskesmas yang disiapkan sudah memiliki refrigrator,” bebernya. 

Selain itu, guna membawa vaksin dari provinsi juga sudah disiapkan kendaraan pendingin untuk menjaga kualitasnya hinga sampai di kabupaten. “Dari segi vaksinatornya atau tenaga kesehatan yang akan melakukan vaksin juga sudah disiapkan masing-masing lima orang untuk lima rumah sakit, satu klinik dan 22 puskesmas,” terangnya. 

Lemari pendingin untuk vaksin telah disiapkan di gedung Instalasi Farmasi Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Kabid Sumberdaya Kesehatan Dinkes Muara Enim, Slamet Oku Asmana, mengatakan bahwa untuk Muara Enim yang mendapatkan vaksin terlebih dahulu adalah tenaga kesehatan. “Kami sudah laporkan dan saat ini sudah berjalan 92 persen dimana terdata ada 3.145 nakes dan itu akan terus bertambah hingga terdata 100 persen,” ungkapnya. 

Meski begitu, Dinkes Muara Enim belum mengetahui berapa kuota yang didapatkan untuk Muara Enim karena itu tergantung dari pusat. “Ya kita menunggu saja, karena kemungkinan Muara Enim dapat di gelombang kedua, yang jelas untuk kebutuhanya kami (Dinas Kesehatan) sudah siap,” terangnya.NH

 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya