Setelah Berbuka Puasa Kamu Mengantuk? Begini Cara Mengatasinya!

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Kantuk Setelah Berbuka Puasa

ExtraNews – Pernahkah Moms mengalami rasa kantuk setelah berbuka puasa? Apalagi setelah berbuka puasa dengan dengan beberapa makanan dan minuman kesukaan, tiba-tiba rasa kantuk menyerang dan terasa ingin segera tidur. Padahal masih banyak kegiatan yang harus dilakukan.

Moms yang baru pulang kerja masih harus menyetir agar bisa sampai di rumah. Setelah sampai di rumah, masih harus menjalankan kewajiban Tarawih.

Pasti kita bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi, apa yang menjadi penyebabnya, serta bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan, agar tetap merasa segar dan bebas rasa kantuk setelah berbuka puasa. Langsung disimak, ya!

Penyebab Rasa Kantuk Setelah Berbuka Puasa

Rasa kantuk setelah kita berbuka puasa bisa disebabkan oleh beberapa hal. Hal ini tentu berhubungan dengan makanan yang kita konsumsi. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA INI:   Pagar masjid nurul imam Kelurahan Tafaga yang dikerjakan melalui Program TMMD saat ini sudah selesai dikerjakan

1. Usus Mencerna Lebih Keras

Selain mengalir ke otak, usus juga membutuhkan banyak darah untuk membantu mencerna makanan yang telah masuk.

Menurut William Ja, seorang associate professor neuroscience di Scripps Research Institute, Florida, tubuh yang tiba-tiba mendapat serangan makanan dalam jumlah besar, menjadi salah satu penyebab mengapa kita terserang rasa kantuk.

Hal ini tentu akan membuat usus harus berusaha lebih keras dalam mencerna makanan. Keadaan ini memaksa otak untuk menyalurkan sejumlah besar sel darah ke usus kita.

Sel darah yang dikirim secara tiba-tiba ke usus, secara tidak langsung membuat pasokan darah di otak berkurang.

Hal inilah yang akhirnya menyebabkan kita terserang rasa kantuk yang besar.

2. Meningkatnya Kadar Gula

Hampir semua makanan yang masuk ke dalam tubuh, akan meningkatkan kadar gula darah kita. Semakin berat makanan yang dikonsumsi, maka semakin besar pula insulin yang akan diproduki oleh pankreas.

BACA JUGA INI:   Dan SSK Pantau Progres Pembangunan Mushola Miftahul Jannah

Insulin kemudian beraksi terhadap protein di dalam otak dan menghasilkan hormon tidur yang kita kenal dengan sebutan serotonin. Serotonin inilah yang bertugas untuk memberitahu otak agar kita segera tidur karena mengantuk.

Dr. Anju Sood, seorang ahli gizi di Banglore mengatakan jika kita banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat dan gula, maka zat serotonin pun akan menstimulasi rasa kantuk pada kita.

Cara Mengatasi Rasa Kantuk setelah Berbuka Puasa

Agar terhindar dari rasa kantuk setelah berbuka puasa, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Moms bisa mencoba untuk menerapkan cara ini, ya.

1. Makan Secukupnya

Ada baiknya saat berbuka jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Mulailah dengan minum segelas air putih atau boleh juga segelas es teh manis.

BACA JUGA INI:   Tulis Surat Terbuka, Napoleon: Siapa pun Bisa Menghina Saya, tapi Tidak terhadap Alquran dan Islamku!

Setelahnya bisa dilanjutkan dengan sedikit nasi untuk membuat perut yang lapar sedikit kenyang. Ingat jangan makan nasi terlalu banyak ya. Usahakan untuk berhenti makan sebelum kenyang.

2. Mandi Terlebih Dahulu

Setelah seharian penuh melakukan berbagai aktivitas, tubuh pasti akan merasa lelah. Apalagi kita sedang menjalankan puasa.

Sebelum berbuka puasa, ada baiknya kita mandi terlebih dahulu agar tubuh terasa lebih segar. Jika tidak sempat, bisa diganti dengan membasuh wajah.

3. Jangan Bersantai-Santai

Setelah makan, usahakan untuk tidak bersantai-santai atau tidur-tiduran. Segera lakukan aktivitas lain untuk membuat tubuh bergerak. Tubuh yang bergerak akan secara tidak langsung mengusir rasa kantuk yang menyerang.

Nah itu alasan mengapa rasa kantuk setelah berbuka puasa datang menyerang. Tersedia juga cara sederhana untuk mengatasi keadaan ini. Semoga membantu ya,!. [*]

 

Komentar