oleh

RSUD Sekayu Menjadi Rujukan Penanganan Penyakit Jantung

Penyintas Jantung dari Luar Sumsel ‘Numpang’ Operasi di RSUD Sekayu.
Kiprah RSUD Sekayu Sebagai Pusat Rujukan Operasi Jantung Terbuka Sumsel Makin Nyata
Sekayu, Extranews —Setelah berhasil melaksanakan operasi jantung terbuka dua kali, RSUD Sekayu kembali  jadi tumpuan harapan baru penyintas jantung di Indonesia. Tercatat, satu pasien penyintas jantung dari luar Provinsi Sumsel yakni Provinsi Bangka Belitung  dijadwalkan ‘numpang’ Operasi jantung terbuka di RSUD Sekayu.
Bupati Muba dialog dengan pasien
Kabar ini terungkap usai Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menerima tim dokter Operasi Jantung Terbuka RSUD Sekayu dan pasien penyintas jantung rujukan RSUD Sejiran Setason,  Bangka Belitung (Babel), Rabu (27/1/2021).
“Ada dua pasien yang akan melaksanakan operasi jantung terbuka.  Keduanya Indah Sahara (13) dari Provinsi Babel dan Eka Yasri (23) dari Keluang. Direncanakan Sabtu 30 Januari 2021 ini operasi akan dilaksanakan,” ungkap Direktur RSUD Sekayu, dr Makson Parulian Purba MARS.
Makson menuturkan, penyintas jantung dari Provinsi Babel, Indah Sahara masuk kategori usia belia dan akan mendapatkan penanganan ekstra dari tim dokter yakni lima dokter spesialis RSUD Sekayu yakni  dr Gama SpB, dr Arif Aji SpJP, dr Hendra Cipta SpB, dr Nursaenah SpN, dr Febry SpPD dan dr Ihsan SpAn.
“Sebelumnya pada dua kali pelaksanaan operasi jantung terbuka di RSUD Sekayu, kita telah berhasil menangani pasien-pasien penyintas jantung. Operasi kali ini akan menjadi operasi jantung terbuka untuk kali ke 3. Kita berdoa dan berharap bersama agar pasien Indah dan Eka  mendapatkan kesembuhan dan proses operasi berjalan lancar,” harapnya.
Makson menjelaskan sukses  pelaksanaan operasi jantung terbuka di RSUD Sekayu ini tidak terlepas dari dukungan dan support  maksimal dari Bupati Dodi Reza. Menurutnya Bupati Muba  berkomitmen melengkapi fasilitas sarana prasarana RSUD Sekayu dan all out mempersiapkan RSUD Sekayu menjadi  Pusat Jantung Terpadu.
Sunaryono, orangtua Indah Sahara tak henti berterima kasih kepada Pemkab Muba khususnya Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin. Ia sangat bersyukur anaknya telah difasilitasi dan bisa operasi jantung terbuka di RSUD Sekayu.
“Kami menaruh harapan besar kepada RSUD Sekayu ini agar anak kami bisa sehat. Kami keluarga besar sangat bersyukur dan berterima kasih mendapatkan bantuan dan pelayanan yang sangat maksimal dari Kabupaten Muba ini,” ucapnya.
Kadinkes Muba Dr Azmi Dariusmansyah MARS mengatakan  biaya akan   diupayakan dengan BPJS. Namun dirinya menegaskan jika biaya ditanggulangi diluar BPJS, pihaknya akan membantu dengan dana talangan.
“Jadi dari Dinas Kesehatan siap kita support, kita juga senang bahwa RSUD Sekayu menjadi rekomendasi dari RSMH Palembang dan sudah bisa melayani warga dari provinsi lain,” ucap Azmi
Sementara itu Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr Arif Aji SpJP menuturkan pasien mengalami kelainan jantung, sehingga harus dilakukan penutupan dengan tindakan operasi.
“Ini adalah operasi pasien kita yang ke tujuh yang dilakukan dalam tiga kali waktu berbeda. Segala alat sudah disiapkan, mudah-mudahan berjalan lancar. Dari keenam pasien kita Alhamdulillah sudah sehat dan dalam masa pemulihan,” ungkap Arif.
Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA
menyambut baik dan merasa sangat bangga RSUD Sekayu bisa membantu dan melayani pasien dari luar Provinsi Sumsel.
“Walaupun saat ini fokus kita terbelah-belah, mencegah penularan COVID-19 dan vaksinasi. Dan di tengah upaya melayani seluruh warga Muba kita masih bisa membantu warga lain seperti dari Babel yang datang ke Muba. Kepada RSUD Sekayu tolong  dipersiapkan dengan baik,” ujarnya.
Dodi juga menegaskan, agar seluruh tim medis penanganan operasi jantung terbuka melakukan persiapan yang maksimal. “Kita berharap anak-anak kita, Indah dari Provinsi Babel dan Eka dari Keluang ini bisa diberikan kesembuhan,” harap Kepala Daerah Inovatif ini.
Dodi meminta, agar pihak keluarga Indah dan Eka selalu berdoa untuk kelancaran proses operasi hingga tidak dihadapkan kendala.
“InshaAllah dengan bekal profesionalitas tim dokter dan fasilitas RSUD Sekayu proses operasi ananda Indah dan Eka akan berjalan lancar,. Saya juga memohon doa warga masyarakat Muba, semoga dengan kepercayaan warga masyarakat dari luar Sumsel terhadap pelayanan dan fasilitas RSUD Sekayu ini, RSUD Sekayu akan menjadi rumah sakit Pusat Jantung Terpadu,” pungkasnya.
Hadir dalam audiensi ini, Dokter Spesialis Bedah dr Gama SpB, dr Hendra Cipta SpB, Dokter Spesialis Neurologi dr Nursaenah SpN, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Febry SpPD, dan Pasien Operasi Jantung Terbuka beserta kedua orangtuanya.rel/fk

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya