PN IKA Unsri Sebar Bantuan 2.000 Tes Swab Gratis di Palembang

PN IKA Unsri Sebar Bantuan 2.000 Tes Swab Gratis di Palembang 

Palembang, Extranews — Satu terobosan yang bisa menginpirasi ke kelompok atau organisasi lain, Pengurus Nasional IKA Unsri memberikan bantuan tes swab gratis untuk 2.000 orang. 

PN IKA Unsri kerja sama dengan gugus tugas Covid 19 Pemko Palembang dan BNI, langsung melalukan swab tes  di kantor PN IKA Unsri, kampus Palembang, Minggu (7/6). 

Dalam acara pembukaan pemberian swab tes gratis tersebut diawali dengan penayangan video penayangan covid 19 di Kota Palembang. Selain Ketua Umum PN IKA Unsri Agung Firman Sampurna, 

hadir  para pengurus PN IKA Unsri, di antaranya  Suez Amir, Aryanto Dina, Firko, Repi, Nopri. Hadir juga 

Wakil Ketua Gugus Covid19 Kota Palembang Drs.H.Ratu Dewa, M.Si dan Head Of Region BNI Wilayah Palembang, Dodi Widjajanto,  Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran UNSRI,  dr. Zulkifli, SPAN., KIC., M.Kes., MARS. Kepala BPK Kantor Perwakilan Sumsel Harry Purwaka.

BACA JUGA INI:   44 Ton Beras dari PTBA Disumbangkan buat Warga Terdampak Covid

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan  secara simbolis bantuan 100 pcs APD dan 25 boks masker, dari BNI kepada Ketua Ika Unsri – didampingi Ketua Ika FK Unsri. 

Dalam sambutannya Ratu Dewa menjelaskan, baru kali ini ada organisasi yang membantu dalam jumlah besar apalagi untuk swab tes. Pemko Palembang menyampaikan terima kasih atas bantuan IKA Unsri yang juga sbelumnya telah membantu APD lengkap untuk paramedis. 

Sementara itu Ketua IKA Unsri dalam konferensi pers menyampaikan dengan bantuan ini akan membuka bagi organisasi lain atau perusahaan untuk membantu penanganan pencegahan covid 19 ini.  Sementara itu, upaya masyarakat membantu pemerintah untuk melaksanakan Swab Test secara gratis terus dilakukan.

BACA JUGA INI:   Update Covid-19 Muba: Muba Nihil Penambahan Kasus Positif

Langkah bersama lembaga pendidikan dengan entitas bisnis ini merupakan kerjasama konstruktif dalam memetakan penyebaran virus corona sekaligus menekan perluasan wabah tersebut sejak dini.

Agung Firman Sampurna mengatakan, bahwa harus ada kesepahaman antara pemerintah dengan masyarakat dalam program percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Kegiatan tersebut bertujuan mengantisipasi penyebaran Pandemi Covid-19, dengan cara mengidentifikasi lebih dini sejauhmana real Covid-19 dengan cara melakukan tes Covid-19 metode Swab Test dengan skala prioritas dan pada dengan jumlah peserta terbatas. Penentuan skala prioritas anggota masyarakat mana yang diangap sangat perlu diikutkan test ini, didasarkan atas informasi data dari Dinkes Kota Palembang yang berkerjasama dengan IKA FK UNSRI.

Tes gratis tersebut diperuntukan untuk masyarakat yang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan kalangan tenaga medis, aparat penegak hukum (APH), serta unsur lainnya, yang dianggap ujung tombak dalam penanganan Covid-19.

BACA JUGA INI:   Bupati DRA Beri Stimulus Pajak Bagi Pelaku Usaha dan Masyarakat

Ratu Dewa mengungkapkan, partisipasi masyarakat dalam program Swab Test akan sangat membantu kerja Gugus Covid-19 Kota Palembang dalam mengantisipasi Covid-19. Dimana Palembang sebagai salah satu Zona Merah pandemi ini sangat membutuhkan pemetaan yang jelas.

“Dengan data yang akurat ini, kita berharap kerja kita makin cepat dan akurat, serta lebih terukur dalam penanganan Covid-19. Kami juga menghimbau, partisipasi semua lapisan masyarakat terutama di kota Palembang untuk bahu membahu melawan Pandemi Covid-19 dan mengikuti ketentuan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah,” ujarnya.  Fk

Komentar