Peringati Harganas, Bupati OKUT Dirikan Kampung KB

Peringati Harganas, Bupati OKUT Dirikan Kampung KB

Martapura, ExtraNews – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten OKU Timur memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-27 di tahun 2020. Kegiatan Harganas ini dilaksanakan di Desa Kurungan Nyawa Dua, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU Timur, pada Senin (29/6/2020).

Peringatan Harganas ke 27 ini dilakukan dengan diresmikannya kampung KB Desa Kurungan Nyawa Dua, dengan ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi dan pengguntingan pita di pintu masuk Desa Kurungan Nyawa Dua oleh Ketua TP PKB OKU Timur Hikmatul Maslikhah. Selain kegiatan itu juga dilakukan kegiatan penyuluhan tentang KB kepada masyarakat.

BACA JUGA INI:   Panen Raya di Tengah Pandemi Covid 19, Herman Deru Apresiasi Petani OKU Timur

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi, dalam arahannya mengatakan bahwa perencanaan keluarga dilakukan melalui program yang dilaksanakan pada fasilitas-fasilitas rumah sakit dan Puskesmas-Puskesmas juga ke dokter praktek dan bidan desa yang ada masing-masing masing-masing.

Bupati juga mengatakan, Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga direncanakan hadir sejak 1972, badan ini di dirikan pada kabinet pertama Orde Baru.

Dasar didirikannya Badan Pengendalian Penduduk ini berdasarkan sensus penduduk, kala jumlah penduduk masih di bawah 100 juta penduduk, sehingga perlu di lakukan mengendalikan penduduk.

“Sensus juga dilakukan untuk mengukur pertumbuhan penduduk, dengan terkendalinya penduduk maka pemerintah dapat mendorong pembangunan ke depan,” katanya.

BACA JUGA INI:   Disparbud OKU Sesalkan, Acara Penyuluhan Peserta Sepi

Saat ini laju pertumbuhan penduduk cukup tinggi, dan ini menjadi pekerjaan rumah Dinas PPKB untuk meningkatkan angka pertumbuhan penduduk. Namun bupati meyakini penduduk OKU Timur sudah cerdas, banyak yang sudah paham tentang Keluarga Berencana.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang diminta ber-KB. Mohon pilih alat KB yang cocok untuk ber-KB,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana OKU Timur, Hj. Mutmaimunah SE.MM, mengatakan perayaan Harganas di OKU Timur ditentukannya Desa Kurungan Nyawa Dua sebagai kampung KB, namun pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah pendistribusian pendaftar Covid 19.

Akan tetapi kegiatan DPPKB OKU Timur tetap produktif melakukan Harganas dalam rangka menyediakan edukasi, sosialisasi kepada masyarakat tentang pelayanan Keluarga Berencana KB.

BACA JUGA INI:   Bupati OKU Lantik Sejumlah Kades Terpilih Periode 2020-2026

“Keluarga tangguh di tengah pendemi Covid-19 memiliki fungsi penting yang harus ditumbuhkan dalam keluarga yaitu pembentukan karakter anak dalam keluarga juga nilai-nilai agama, cinta kasih, perlindungan dan sosial budaya,” imbuhnya.

Mutmaimunah menambahkan untuk meramaikan Harganas tahun 2020 DPKKB OKU Timur memeriahkannya dengan pelayanan Keluarga Berencana (KB) di 20 kecamatan di OKU Timur, sementara untuk wilayah desa KB di targetkan 278 aseptor. (Boy/Adv)

Komentar