oleh

Ogan Ilir Liburkan Sekolah Akibat Kabut Asap

Indralaya,Extranews-Melihat kondisi asap akhir akhir ini semakin tebal dan pekat yang berakibat buruk bagi kesehatan. Berkaitan dengan hal tersebut, pihak dinas pendidikan dan kebudayaan memandang perlu untuk mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah.

Sesuai surat edaran no 420/1909/SMP/D.Dik-Kab OI/2019 perihal Libur Sekolah Karena Kabut Asap, yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Dr. Arianto, MPd yang ditembuskan kepada Bupati Ogan Ilir dan Ketua DPRD OI.

Dalam surat edaran tersebut di intruksikan kepada seluruh sekolah dari tingkat TK, SD, SMP negeri maupun swasta yang berada dalam wilayah Kabupaten OI diliburkan mulai Senin 23 September hingga 30 September 2019, kepala sekolah agar mengintruksikan kepada siswa/i supaya tidak bermain diluar rumah. Sementara kepada kepala sekolah, guru dan staf TU agar bertugas seperti biasa sesuai dengan beban kerja bagi ASN.

Libur sepertinya memang dinanti nantikan oleh siswa, seperti Arya (8)siswa kelas dua SDN 17 Tanjung Batu setelah mendengar pengumuman dari pihak sekolah yang menyatakan libur hingga 30 September 2019, karuan saja melompat kegirangan seperti halnya siswa siswi lainnya.

Dari pantauan, kabut asap akhir akhir ini sangat berpengaruh buruk pada kesehatan, tidak hanya pada usia anak anak, namun orang tuapun ikut merasakan akibatnya, misalnya batuk batuk, sesak nafas, mata berair dan bersin bersin. Keadaan demikian bukan tidak mungkin terjadi pada peradangan bagian tenggorokan.

Seperti yang dirasakan Jati (43) tahun seorang ibu rumah tangga warga Tanjung Batu ini mengaku sudah beberapa hari terakhir ini mengalami gangguan kesehatan, seperti batuk batuk, mata berair, bersin bersin, sakit kepala, bahkan kalau malam hari dada terasa sesak.

Ditambahkan Jati, dengan turunnya hujan Selasa (24/9) berharap akan mengurangi asap dan kesehatan bisa pulih kembali. ” Alhamdulillah hari ini Tanjung Batu dan sekitarnya diguyur hujan beberapa kali, walaupun tidak begitu deras, mudah mudahan cuaca kembali bersih dan asap menghilang.yan

Komentar