Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah disini

Muaraenim Terima Alokasi APBN Rp2,4 Triliun

Muaraenim Terima Alokasi APBN Rp2,4 Triliun
Muara Enim-Extranews —- Pemerintah Kabupaten Muara Enim menerima kucuran dana alokasi sebesar Rp2,4 triliun berupa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2021.
Dana diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru kepada Plt Bupati Muara Enim H Juarsah saat penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) di Griya Agung, Senin (30/11). Adapun belanja daerah yang dialokasikan pemerintah pusat untuk Kabupaten Muara Enim pada tahun 2021 yaitu sebesar Rp2,4 triliun yang terdiri dari alokasi TKDD, belanja kementerian/lembaga dan belanja non-kementerian/lembaga.
Dijelaskan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Selatan, Taukhid, secara keseluruhan Provinsi Sumsel menyerap APBN 2021 sebesar Rp45,4 triliun, dan khusus untuk alokasi ke Kabupaten Muara Enim yaitu sebesar Rp2,4 triliun.
“Dari data yang dipaparkan, Kabupaten Muara Enim merupakan penyerap APBN 2021 terbesar ketiga dari 17 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumsel, setelah Kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin,”kata Taukhid.
Menurutnya, dari total anggaran tersebut, dana yang masuk ke kas Pemkab Muara Enim yaitu alokasi TKDD sebesar Rp1,8 triliun yang terdiri dari Dana Bagi Hasil Rp765,4 miliar, Dana Alokasi Umum Rp 626,5 miliar, Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Rp94 miliar, DAK Non-Fisik Rp157 miliar, Dana Insentif Daerah Rp7,5 miliar dan Dana Desa Rp236,3 miliar.
Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula penghargaan kepada Desa Kayu Ara Sakti, Kecamatan Gunung Megang sebagai desa dengen pengelolaan keuangan terbaik di Sumsel.
Sementara itu, Plt Bupati H Juarsah SH, menyampaikan bahwa alokasi dana APBN ini menjadi stimulan dalam struktur APBD Kabupaten Muara Enim tahun 2021. “Kita berharap anggaran tersebut dapat terserap secara maksimal dan tepat sasaran bagi akselerasi pembangunan Kabupaten Muara Enim,”kata Juarsah.
Lanjut Juarsah, diri mengingatkan agar para kuasa pengguna anggara (KPA) pada masing-masing satuan kerja termasuk instansi vertikal di Kabupaten Muara Enim harus mengedepankan aspek kehati-hatian dan akuntabilitas keuangan sehingga pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah, khususnya di tiap-tiap satuan kerja dapat berjalan dengan baik.NH
Poto : Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) kepada Plt Bupati Muara Enim H Juarsah di Griya Agung.
Foto : Ist.

BACA JUGA INI:   6000 Karyawan Titan Group Terancam Tidak Terima Gaji