oleh

Mengapa Air Bisa Berwarna Hijau

Curug Daun, Warna Airnya Hijau

Boleh cek, di berbagai tempat wisata Curug di Indonesia. Kalian akan menemukan kolam-kolam air di sekitar Curug memiliki warna hijau yang cantik, sedangkan ketika kita angkat airnya dengan tangan atau wadah maka sebenarnya air itu berwarna putih jernih. Pertanyaanya Apakah warna air yang sebenarnya?


Warna sebenernya air adalah Biru, tapi butuh banyak air sehingga bisa menunjukkan bahwa warna air adalah biru. Tapi Air juga bergantung pada bagaimana molekul air menyerap dan memantulkan cahaya. Spektrum Cahaya pada air akan memantulkan cahaya biru, lalu kenapa bisa berwarna hijau? jawabanya adalah warna ini disebabkan oleh partikel yang mengambang di permukaanya.

Air yang dipenuhi materi Organik dan tumbuhan hijau akan menghasilkan warna hujau pada air, sebut saja ganggang hijau. Seperti Fitoplankton, dan tumbuhan yang mengandung klorofil akan menyerap warna cahaya biru dan merah dan hanya menyisakan warna hijau untuk dipantulkan di mata kita.

Sedangkan Berbeda kasus jika air berwarna Merah dan agak gelap, kasus ini dikarenakan ada jenis ganggang merah dan ganggang coklat yang hidup dengan jumlah yang cukup banyak pada sebuah wilayah air. Contoh yang paling terlihat adalah pada Laut Merah
Berita Terkait!:   Ini Cara Perbaiki Pompa Air Yang Rusak

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya