oleh

Melihat Samudera Hindia dari Pulau Sempu

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Inilah Pemandangan Samudera Hindia Sore Hari

Saya bersyukur mendapatkan kesempatan untuk menetap sementara selama 3 bulan di daerah Kediri Jawa Timur, dan selama itu saya diberi kesempatan bersama teman sejawat untuk berkunjung ke sebuah pulau yang cukup terkenal . Pulau ini dinamakan Pulau Sempu, pulau yang terletak di daerah Malang Jawa Timur dan memiliki status wilayah konservasi yang di lindungi oleh dinas kehutanan setempat.
Memang pada dasarnya Pulau Sempu adalah tempat konservasi yang tidak bisa dikunjungi sembarangan orang, terlebih orang yang tidak teredukasi untuk menjaga lingkungan karena akan beresiko untuk merusak kondisi alami alam di Pulau Sempu tersebut.
Untuk masuk kedalam kalian akan dihadapkan dengan regulasi yang cukup merepotkan, dan kalian akan di edukasi untuk tidak merusak alam sekitar. Setelah izin di dapatkan maka kalian akan diarahkan untuk menuju Pantai Sendang Biru untuk menyebrang ke Pulau Sempu.
Sisi Lain dari Samudera Hindia
Setelah berjalan sesaat kalian akan di hadapkan dengan medan tanah, berakar dengan medan naik turun yang cukup panjang. Perjalanan ini kira-kira membutuhkan waktu 2-3 Jam tergantung kondisi fisik kalian, saat itu saya berjalan kira-kira selama 3 jam.
Setelah sampai di Segara Anakan, kalian akan dipilih lokasi untuk membangun tenda. Sebenarnya jika kalian hanya ingin pulang-pergi seharian itu juga bisa, tapi kalian harus masuk di waktu pagi karena kapal tidak selalu ada untuk menyebrang. Kecuali kalian punya nomer handphone nelayan yang sudah menjadi langganan, atau sudah janjian sebelumnya.
Laguna Segera Anakan adalah tempat yang terlindungi oleh karang-karang tinggi dan besar, karang-karang ini melindungi laguna dari deburan keras ombak samudra Hindia. Pulau sempu memang terletak dekat dengan Samudera Hindia dan ini menjadi pemandangan favorit para pelancong ketika sedang ada di pulau sempu, untuk bisa melihat bagaimana hamparan samudera hindia yang luas kalian bisa mendaki sebentar ke atas karang dan menyaksikan keindahannya.
Pemandangan Laguna Segara Anakan dari Tebing Karang
Beruntung saat saya berkunjung kesana cuaca cerah sekali, sehingga saya bisa menyaksikan matahari terbenam yang indah di pulau ini. Jika kalian berkunjung ke pulau ini, menginaplah dengan membawa tenda sendiri atau menyewanya untuk menyaksikan moment-moment sunrise dan sunset indah di Pulau Sempu.
Pulau Sempu memiliki luas sekitar 877 Ha dan merupakan cagar alam dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Timur, dan ternyata sudah dicanangkan sejak 1928. Saya berharap cagar ala mini bisa terjaga dengan lebih memperketat siapa saja yang ingin masuk kedalam Pulau Sempu, karena saya cukup miris melihat banyaknya sisa sampah yang tidak mereka bawa kembali. Hal ini akan beresiko terhadap habitat asli hewan yang ada disini dan akan mengotori Laguna Segara Anakan yang indah, yang seharusnya dijaga dengan seksama untuk anak cucu kita nanti.
Berbicara dengan keamanan ketika kalian mendaki tebing karang untuk melihat samudera hindia, kalian harus waspada dan hati-hati karena tebing sangat tinggi dan curam langsung menuju samudera dengan deburan ombak yang besar dan keras. Resiko ketika kalian jatuh dari tebing ini maka kemungkinan akan terluka sangat parah atau bahkan meninggal, karena karang dibawah sangat tajam dan deburan ombaknya tinggi dan besar. Jadi bagi kalian yang akan berkunjung kesini harap berhati-hati dan selalu waspada dan jangan main-main.
Sekian cerita saya sedikit tentang Pulau Sempu, semoga bermanfaat dan tetap jaga alam kita. Salam Lestari.

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya