oleh

Maksimalkan Pendidikan Vokasi di Musi Banyuasin

Gandeng Polsri Palembang, Rencanakan Polsky Tambah Jurusan

 

PALEMBANG-SUMSEL, ExtraNews – Setelah memaksimalkan serapan tenaga kerja lokal di perusahaan-perusahaan Bumi Serasan Sekate. Kini, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memaksimalkan pendidikan Vokasi untuk mencetak SDM yang unggul dan berkualitas.

Diketahui, di Kabupaten Muba sendiri telah memiliki pendidikan Vokasi yakni Politeknik Sekayu (Polsky) yang sudah menamatkan banyak alumni dan tersebar di berbagai daerah yang tidak hanya di Sumsel tetapi di seluruh Indonesia.

“Jadi kita tidak hanya mensukseskan serapan saja seperti yang sudah kita realisasikan di Muba, tetapi juga mahasiswa Politeknik Sekayu juga harus dipersiapkan untuk mumpuni menghadapi persiapan kerja,” ungkap Plt Bupati Beni Hernedi SIP di sela penandantanganan kerjasama Pemkab Muba, Politeknik Sekayu, dan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), di Graha Polsri Palembang, Jumat (11/11/2021).

Kemudian, lanjut Beni, sinergi dan kerjasama Pemkab Muba dengan Polsri Palembang juga terkait Peraturan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Hijau Energi
Baru dan Terbarukan. “Tentu dengan menggandeng Polsri Palembang menjadi hal yang tepat dan berkesinambungan,” ujarnya.

Beni menambahkan, dalam waktu dekat juga Pemkab Muba berencana akan memberikan insentif ke desa-desa terkait upaya dan komitmen mewujudkan Muba hijau dan energi baru terbarukan. “Kami sangat harapkan agar apa yang kami jalankan ini bisa berkolaborasi dengan baik bersama Polsri,” tukasnya.

Ketua PMI Muba ini menyebutkan, bonus demografi 10-15 tahun ke depan akan menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Muba. “Nah, tentu dengan memaksimalkan kualitas dan peranan pendidikan Vokasi akan menjadi solusi menghadapi tantangan bonus demografi,” terangnya.

Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), Dr Ing Ahmad Taqwa MT, mengatakan sebenarnya apa yang sudah dijalankan Pemkab Muba selama ini dan yang akan datang terkait green industri sangat selaras dengan Polsri. “Sangat kami apresiasi keseriusan Pemkab Muba terkait mewujudkan green industri dan energi baru terbarukan,” ujarnya.

Ia menambahkan, komitmen Pemkab Muba dalam mencetak generasi yang unggul sangat luar biasa serta memaksimalkan serapan tenaga kerja lokal. “Ini terbukti dengan keberadaan Muba Vocation Center serta Perda di Muba yang mengatur dan mewajibkan perusahaan di Muba untuk merekrut tenaga kerja lokal,” ulasnya.

Ketua Yayasan Muba Sejahtera (Politeknik Sekayu), Hairad Sudarso didampingi Direktur Politeknik Sekayu, Mardiana SE MM pihaknya berencana akan menambah dua jurusan baru yakni DIII Teknik Pengolahan dan DIV Teknik Mesin.

“Mengingat banyaknya perusahaan perusahaan di Muba dengan skema menyerap SDM lokal, kami merasa perlu menambah jurusan ini dan mendapatkan pendampingan dari Polsri Palembang,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Beni Hernedi SIP turut didampingi Kepala Disdikbud Musni Wijaya SSos MSi, Kepala Disnakertrans Mursalin SE MSi, Kepala Dinkominfo Herryandi Sinulingga AP, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andi Wijaya Busro SH MHum. [rel]

 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya