oleh

Kecamatan Lawang Kidul Selenggarakan Lomba Seni Antan Delapan

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75

Tanjung Enim, Extranews – Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia  (HUT RI) ke 74 tahun 2019, Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul bekerjasama dengan PT Bukit Asam Tbk menggelar lomba seni Antan Delapan tingkat pelajar dan remaja U-23, yang dibuka langsung oleh Camat Lawang Kidul,Drs Rachmat Noviar MSi, di Plaza GOR Bukit Asam Tanjung Enim, kabupaten Muara Enim,Kamis (15/8/2019) sore.

Hadir diacara tersebut, Sekcam Lawang Kidul,H Safranudin BBA, Wakil Ketua Panitia HUT RI ke74 PTBA, Erik Agustian,Dinas Pariwisata kabupaten Muara Enim,Ratna Akib SE,Kabid Kebudayaan Diknasbud kabupaten Muara Enim,Irawan Spd MM,perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Muara Enim, serta puluhan peserta lomba seni Antan Delapan dan undangan lainnya.

Ketua sesi Lomba Seni Antan delapan HUT RI ke-74 kecamatan Lawang Kidul, Sunoto dalam laporannya menyampaikan, kegiatan lomba seni Antan Delapan diikuti oleh utusan perwakilan pelajar dan remaja baik yang ada di kecamatan Tanjung Agung,Lawang Kidul dan Muara Enim.

“Pesertanya ada dari SMP Negeri 4 Tanjung Agung,SMKN 1 Tanjung Agung,SMPN 3 Tanjung Agung,SMK BA Tanjung Enim,SMAN 1 Lawang Kidul,SMA Muhammadiyah Tanjung Enim,STTE Ebenhaizer Tanjung Enim,SMAN 1 Muara Enim dan perwakilan sekolah lainnya. Dan masing-masing personil grup terdiri dari 4 putra dan 4 putri,”ujar Sunoto, didampingi sekertaris panitia,Mukh Tamiri S.AP dan Ekko Meyranto.

Sementara itu, Camat Lawang Kidul,Drs Rachmat Noviar MSi dalam sambutannya saat membuka kegiatan lomba mengucapkan terima kasihnya kepada panitia pelaksana dan juga kepada PT Bukit Asam Tbk sebagai sponsor utama dalam kegiatan berbagai lomba dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI tahun ini.

“Kegiatan rangkaian lomba ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-74 tahun.Untuk itu kepada seluruh segenap panitia penyelenggara saya ucapkan terima kasih. Saya tahu persis panitia ini dari awal beberapa waktu lalu pembahasan mengenai lomba, juga kepada manajemen PTBA yang sudah mendukung kegiatan HUT RI yang ke 74 ini,”ucapnya.

Dikatakan Rachmat Noviar, pihaknya sengaja menggelar berbagai lomba seperti tari-tarian, lagu daerah dan seni Antan delapan yang semuanya dibungkus dengan kearifan budaya lokal, dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan rencana Tanjung Enim menjadi kota Wisata, termasuk juga pihaknya menggelar Karnaval bertema Karnaval Budaya pada HUT RI tahun ini.

“Kami sampaikan juga, pelaksanaan Antan Delapan ini digelar untuk mengambil potensi-potensi yang ada selama ini. Ini merupakan potensi diri untuk mencapai prestasi dan Insyaallah kegiatan ini akan berkesinambungan,”tutupnya.

Dalam lomba seni tradisional Antan Delapan ini, sebelum dimulainya perlombaan, dewan juri yang terdiri dari pelaku seni daerah yakni Ali Idrus, yang merupakan pencipta lagu-lagu daerah, kelahiran Lahat, berdomisli di Talang Jawa Tanjung Enim, Riswan CA ,musisi lagu dan tari Antan Delapan (Andespen) asal desa Penyandingan Kecamatan Tanjung Agung, dan Nangwi M, musisi musik tradisional,tari sambut dan lagu Antan Delapan,asal desa Lubuk Ampelas,kecamatan Muara Enim, terlebih dahulu memberikan arahan dan penjelasan kepada peserta lomba terkait uraian yang menjadi penilaian mereka bertiga dalam memberikan nilai, mulai dari Irama atau lagu,Gerak Tari,Kesesuaian atau harmonisasi irama lagu dan gerak tari,serta kekompakan anggota,kostum dan jumlah personil dalam setiap grupnya, yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri.

Dalam perlombaan seni Antan Delapan ini, juga mendapat sambutan hangat dari para penonton, mengingat untuk pertama kalinya digelar dan diperlombakan di kabupaten Muara Enim. Hal ini dapat dilihat sepanjang berlangsungnya lomba yang dimulai sejak sore hari hingga malam hari masyarakat terus berbondong-bondong untuk datang dan menyaksikan perlombaan hingga selesainya kegiatan.hai

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya