Kabupaten Muara Enim Siagakan Desa Tangguh Bencana

Kabupaten Muara Enim Siagakan Desa Tangguh Bencana
Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim Abdul Rozieq ST MT

MUARA ENIM-SUMSEL, ExtraNews – Mengingat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir dan untuk mengurangi risiko bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim, melakukan pengembangan Desa Tangguh Bencana.

Sebab Desa Tangguh Bencana ini sangat penting dilakukan untuk mengurangi risiko bencana alam yang dapat terjadi kapan saja.
“Tak hanya itu, masyarakat juga harus dapat mengenali potensi bencana alam yang bisa terjadi di daerahnya. Masyarakat harus bisa kenali risiko bencana, pahami dampaknya dan bisa menanggulanginya,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim Abdul Rozieq ST MT, Rabu (29/12/2021).

Penanggulangan bencana ini misalnya, masyarakat tidak mendirikan bangunan di lereng dan tidak melakukan penebangan pohon sembarangan. Sebab, hal ini dapat menyebabkan bencana alam seperti longsor dan lainya.

BACA JUGA INI:   BREAKING NEWS! BMKG Sebut Pulau Jawa Berpotensi Terkena Tsunami Setinggi 10 Meter

Pengembangan Desa Tangguh Bencana itu, kata dia, tim BPBD tidak berada dalam wilayah kecamatan melainkan di desa. Dimana pegawai masyarakat kita di sepuluh Desa Tangguh Bencana untuk menginformasikan segera dan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk siaga dan waspada.

Lanjutnya, pihaknya juga berkoordinasi lintas OPD diantaranya Dinas PUPR serta pelaksana Balai Besar Jalan Nasional jika terjadi bencana longsor, Dinas Sosial, Baznas, PMI dan TNI-Polri. Menurutnya, hampir semua potensi bencana alam terdapat di Kabupaten Muara Enim seperti, longsor, pergerakan tanah, puting beliung, banjir dan potensi bencana alam lainnya.

“Masyarakat juga harus cepat tanggap ketika terjadi tanda-tanda bencana alam seperti pergerakan tanah, longsor dan banjir maupun bencana lainnya agar segera melaporkan kepada petugas Koramil dan Polsek atau pemerintah setempat,” jelasnya.

BACA JUGA INI:   Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Muara Enim Bantu Sembako untuk Korban Banjir Pelawaran

Masih kata Rozieq, dengan adanya Desa Tangguh Bencana ini. Masyarakat bisa memahami dan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

“Kami harap masyarakat bisa waspada, lebih mengenal potensi bencana yang ada dan tangguh. Ketika ada kejadian bencana bisa menyelamatkan diri serta membantu melakukan penolongan pertama tanpa menunggu bantuan dari yang lain,” timbuhnya. (ozi)

 

 

BACA JUGA INI:   Angkutan Barang Dibatasi Jam Operasional