Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah Disini

Deru Tinjau Lokasi Banjir di Lahat

LAHAT , EXTRANEWS – Bencana banjir bandang yang menimpa sejumlah pemukiman warga  di Kabupaten Lahat yang berujung pada kerusakan sejumlah  rumah dan mengakibatkan putusnya  jembatan Mulak Ulu penghubung  Kabupaten  Lahat  dengan ruas  lintas tengah Kabupaten Muara Enim, Minggu (29/12) pagi lalu menyisakan rasa prihatin Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru.
          Sebagai bentuk rasa prihatin dan untuk mengobati kekalutan warga para korban banjir di Kabupaten Lahat tersebut, Selasa (31/12)  pagi Gubernur Herman Deru didampingi unsure Forkopimda yakni Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Priyo Widyanto meninjau langsung kondisi warga  yang korban banjir sekaligus mengecek kesiapan posko penanganan banjir yang terletak didesa Keban Agung Kecamatan Mulak Sebingkal Kabupaten Lahat.
Kedatangan gubernur dan rombongan ini disambut sukacita oleh warga terlebih Herman Deru ikut  membantu salah satu warga korban banjir tengah berusaha mencari sisa barang yang tersisa dirumahnya setelah diterjang banjir.
“Saya bersama pak Pangdam, pak Kapolda, pak Bupati lengkap hadir hadir disini  ikut prihatin  turut merasakan apa yang dialami warga di sini. Paling tidak kehadiran kami ini dapat mengurangi rasa  gundah warga, seligus mencari solusi yang terbaik dalam upaya penanganan pasca bencana banjir ini,” ujar Herman Deru kepada awak media.
Dikesempatan itu Gubernur Herman Deru berjanji akan turut memberikan bantuan untuk perbaikan dan pembangunan kembali bagi rumah yang hanyut dan rusak  diseret derasnya banjir. Selain merusak 10 unit rumah  dengan kerusakanberat dan 74 unit lagi rusak ringan. Banjir juga menghanyutkan 24 hektar padi siap panen sekaligus mengakibatkan rusaknya saluran irigasi  sepanjang 500  meter.
“Saya  telah mendapatkan laporan ada 10  unit rumah  yang rusak dan mendesak dilakukan  perbaikan.  Kita sudah sepakat dengan pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Lahat  untuk tidak dibebani  pada  masyarakat yang menjadi korban.  Adapun proses  pembangunan kembali rumah  warga paling lama satu bulan termasuk fasilitas umum lainnya,” tambahnya.
Herman Deru berharap pada aparat keamanan TNI/Polri untuk memberikan bantuan terutama pengawasan  keamanan selama proses  pembangunan rumah dan pasilitas umum. Di samping itu dia menyebut  selain kerusakan rumah tempat tinggal dan pasilitas umum, banjir banding di Kabupten Lahat kali ini juga merusak jaringan suplay listrik.
“Selain rumah dan paslitas umum yang rusak, banjir bandang  kali ini juga  merusak 24 hektar sawah serta sempat memutuskan jaringan listrik, karena itu saya mengintrusikan kepada PLN, paling lama 1×24  jam kedepan  listrik kembali menyala dengan normal,” harapnya.
Dia mengapresiasi sigapnya  Bupati Lahat dalam merespon dampak yang timbul pasca terjadinya banjir.
“Terimakasih pak bupati sudah cepat tanggap. Begitu mendapat kabar dan ada berita di tv, langsung saya telepon pak Cek Ujang, ternyata beliau sudah melakukan upaya untuk membantu warga,” tandasnya.
Ditengah kunjungannya meninjau lokasi banjir Gubernur Herman Deru juga berkesempatan menyerahkan bantuan sembako berupa 3,5 ton beras. Matras 22 paket, selimut 22 lembar, seragam dan perlengkapan anak sekolah serta kelengkapan peralatan banyi dan bantuk bantuan material lainnya.
Sementara, Yaslan (54) salah satu warga desa Keban Agung, yang juga menjadi korban banjir bandang mengucapkan terima kasih  kepada Gubernur H. Herman Deru yang telah memberikan perhatiannya dengan cara turun langsung melihat dari dekat dan memberikan bantuan berupa bahan pokok  kebutuhan warga lainnya.
“Terimekasih nian pak Gubernur Herman Deru, sudah datang ketempat kami, Nginak langsung ape yang kami alami,” ucapnya dengan logat bahasa Lahat dengan terbata-bata.
Ungkapan  senada juga disampaikan Sukiman (53) warga lainnya yang kesehariannya merupanan guru di salah satu SD di Kecamatan Mulak Sebingkai.
“Kami  senang nian, ade  perhatian pak gubernur  sude ngenjuk bantuan ngok kami, terimekasih pak Herman Deru,” tandasnya. rel
BACA JUGA INI:   BNPT Lakukan Monitoring Pelibatan Masyarakat Pencegahan Terorisme di Sumsel