oleh

Curug Panjang – Mega Mendung Puncak Bogor #AgungTravelBlog

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Puncak Bogor, nama yang sudah sangat familiar bagi masyarakat Jakarta dan Sekitarnya. Tempat paling banyak dikunjungi pada saat weekend, salah satu alasan utamanya adalah dekat dari Jakarta dan relatif lebih murah dan efisien dari waktu dan cost. Jika kita bandingkan jika harus berlibur di daerah Provinsi Banten yang di dominasi wilayah pantai dan Bandung yang di dominasi wilayah pegunungan, Puncak Bogor tetap memiliki magnet tersendiri sebagai tempat destinasi wisata di Jawa Barat.

Kali ini saya berkunjung ke Curug Panjang, curug yang teletak tidak terlalu jauh dari pertigaan gadog dan tidak terlalu sulit di tempuh dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Curug Panjang berada di Desa Mega Mendung, menurut tracking record berjarak 20,5 km dari kota bogor. Hanya butuh sekitar waktu 40 – 1 jam dari Kota Bogor, jalan yang ditempuh pun sudah baik dan memiliki halaman parkir yang cukup luas. 

Saya sampai pukul 08.00 pagi di Pintu Gerbang Curug Panjang, masih sepi belum banyak pengunjung hanya beberapa pengunjung yang sengaja datang pagi untuk membangun tenda di Camping Ground Area. Benar sekali salah satu fasilitas di Curug Panjang adalah Camping Ground, saya sekilas melihat area ini dan ternyata sudah  cukup baik tata kelolanya, ada kamar mandi yang bisa diakses dengan mudah dari area Camping.
Indomie Rebus Ayam Bawang anget mengisi perut saya pagi itu ditambah dengan irisan cabe rawit yang sedikit memberikan rasa pedas dan segar dari Mie Instan yang saya makan. Sambil nanya ibu yang jualan selidik punya selidik ternyata banyak sekali pengunjung yang akan menginap disekitar Curug untuk menginap biayanya sekitar 30.000/malam, cost ini jauh lebih murah jika tidur di hotel setempat.

Berjalanan sedikit dari pintu gerbang kita akan di suguhi pemandangan hutan tertutup yang asri, setelah berjalan sebentar saya bertemu dengan jembatan yang dibangun persis di atas muara Curug Panjang. Lanjut berjalan jika condong berjalan ke arah kiri kita akan menemukan Camping Ground dan Jika kita condong berjalan ke kanan kita akan menemukan turunan cukup curam yang akan mengarahkan kita pada area pandang Curug Panjang.

Dari area Curug kita bisa menyaksikan aliran air yang mengalir dengan deras dari Curug Panjang sampai ke bawah melewati batu-batu besar yang cantik. Curug Panjang sendiri tidak terlalu tinggi, karena cenderung memanjang ada sekitar 3 tingkatan dan airnya sangat deras. Kedalaman di bawah air terjun sedalam 4 meter (katanya), tapi buat yang ga bisa berenang tidak direkomendasikan untuk berenang di sekitar curug karena memang dalam (saya sudah coba).

Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan disini, karena air nya dingin dan menyegarkan. Cukup menyenangkan menghirup bersihnya udara dan segarnya air pegunungan, semoga saja tempat wisata ini bisa di jaga dengan baik dan tidak dikomersilkan keterlaluan dari pihak pengelola setempat. 

Secara umum curug ini sangat direkomendasikan untuk liburan keluarga, terlebih dalam memperkenalkan anak-anak kepada alam. Overall menyenangkan sekali liburan di sini. 
Happy weekend.

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya