Chief of Communications Forum SKK Migas, Bahas Pendukungan Produksi Migas

455B59A3 5025 44F0 A87E 193B5B18538B

Jakarta, Extranews —-  Satuan Kerja Khusus PelaksanaKegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengadakan kegiatan Chief of Communications Forum (CoCForum) 2022.


Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkamelakukan koordinasi untuk mendukung pelaksananprogram-program di sektor hulu migas, yang tidak hanyaterkait dengan komunikasi, tetapi juga kegiatan untukmeningkatkan hubungan dan kerjasama dengan berbagaipemangku kepentingan di pusat maupun daerah, khususnyadi wilayah operasi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

64030243 886C 4A6D A2F9 5F52CE6D3EC0

 

 

 

 

 


CoC
Forum 2022 diselenggarakan secara tatap muka di Jakarta (25/5) dan dihadiri oleh para pimpinan tertinggikomunikasi KKKS beserta jajaran terkait dengan skemakontrak kerja sama (PSC) cost recovery (CR) maupun gross split (GS), serta fungsi terkait di SKK Migas. Kegiatan inidibuka oleh Sekretaris SKK Migas Taslim Z. Yunus.

Keberhasilan dan lancarnya operasional hulu migas di daerah, termasuk kegiatan pemboran, pembebasan lahandan lainnya salah satu faktor yang mempengaruhi adalahdukungan dari para pemangku kepentingan di daerah. Olehkarena itu, KKKS harus terus menjaga kerjasama dan sinergidengan Pemerintah Daerah dan stakeholders lainnya. Sebagaimana pepatahdimana bumi di pijak, disitu langitdijunjung”, kata Taslim Z. Yunus ketika memberikan arahandalam kegiatan CoC Forum 2022.55F8D8A4 E8F4 4D7C AE93 DAAD44D55DC6 4A617237 C018 4EEC A8B7 C6CC7B8DD6ED

BACA JUGA INI:   Pulihkan Ekonomi Usaha Kecil, Pemkab Muba Bagi-bagi Minyak Goreng dan Masker

 

 

 

 

 

 

 

 

Lebih lanjut Taslim menyampaikan potensi migas kedepanakan didominasi gas, penemuan migas juga didominasi gas dan berdasarkan rencana peningkatan produksi minyak dangas 2030, maka produksi gas ditargetkan mencapai 12 miliarkaki kubik perhari (BSCFD) atau meningkat lebih dari 100% dari produksi saat ini.


Peran dalam mendukung upayapeningkatan konsumsi gas nasional tidak hanya menjaditugas dari fungsi pemasaran, tetapi membutuhkan dukungandari fungsi komunikasi untuk menyuarakan secara efektif kepara pemangku kepentingan diharapkan dapatmenumbuhkan dukungan dan regulasi yang pro bisnis di sektor gas.

Pada paparannya Kepala Divisi Program dan KomunikasiSKK Migas A. Rinto Pudyantoro mengingatkan kembalibahwa membangun persepsi positif industri hulu migas tidakhanya menjadi tugas SKK Migas, tetapi adalah tanggungjawab bersama SKK Migas dan KKKS. Untuk itu CoC Forum 2022 adalah upaya untuk melakukan akselerasi koordinasipelaksanaan program dan melakukan mitigasi hal-hal yang menjadi hambatan dan kendala dari setiap KKKS, untukdicarikan solusi bersama dan dukungan apa yang dapatdiberikan oleh SKK Migas.

BACA JUGA INI:   Japan Mobility Show 2023, Setelah Bersalin Nama dan Fokus 

Salah satu tantangan dalam membangun komunikasi  di era digital dan media sosial adalah kecepatan dan hal-hal apayang akan dengan cepat menjadi berita dan penyebarannya.

 

Jika dahulu setiap kejadian atau hal yang akan menjadiberita, akan muncul keesokan harinya di surat kabar, saat inihitungannya dalam detik saja. Menyebar dengan cepatmelalui media sosial, tidak lama kemudian menjadi beritaonline, keesokan harinya muncul di media cetak.

“Hal ini harus bisa diantisipasi oleh insan komunikasi SKK Migas dan KKKS, bahwa kerja yang dilakukan adalah kerjabersama, saling mendukung dan saling membantu satu samalainnya. Kebersamaan dan semangat kita hari ini di acara CoC Forum 2022 menumbuhkan optimisme bahwa insan hulumigas dapat berkontribusi lebih baik dalam mendukungindustri hulu migas”, tegas Rinto.

Manajer Senior Departemen Komunikasi SKK Migas NyimasFauziah Rikani menyampaikan program bersama SKK Migas– KKKS di tahun 2022, yang dalam pelaksaannya telahditetapkan KKKS yang menjadi host untuk setiap program.

 

Untuk tahun 2022 terdapat 20 program bersama komunikasihulu migas, antara lain media gathering dan pemberianapresiasi, edukasi industri hulu migas untuk jurnalis, kampanye media cetak/televisi, kunjungan media ke lapangn, SKK Migas TV Management, pembangunan website bersama, kamus hulu migas, sosialisasi industri hulu migaske stakholders (pusat dan daerah),opimasimedia sosial, kampanye 1 employee 2 tress, kunjungan pimpinan terkaitdukungan program PPM dan penghijauan.

BACA JUGA INI:   Gaet Investor, Dodi Reza Diundang Jadi Pembicara Energi Terbarukan di Houston AS

Salah satu hal yang mengemuka dalam pembahasan adalahupaya untuk melakuan perubahan dalam menyampaikanpesan dampak positif hulu migas.


Arie Nauvel Iskandar external relations and communication manager Pearl Oil Sebuku (Ltd) menyampaikan bahwa dampak positif hulumigas sangat banyak, namun belum semua dapattersampaikan dengan baik ke stakeholders dan masyarakat. Nauvel mengusulkan agar lebih terintegrasi dalam melakukankomunikasi, agar pesan dapat lebih tersampaikan secaramenyeluruh. Rel 

lion parcel