oleh

Cara Packing Tas Gunung Carrier


1.      Pilih Carrier Sesuai Keperluan dan Bentuk Tubuh.
Pemilihan size carriersesuaikan dengan lamanya pendakian dan kapasitas tubuh. Jika pedakian berkisar antara 2-3 hari pilihlah carrierdengan besar kapasitas sekitar 40-60 Liter, Jika pendakian 3-5 hari tingkat besar kapasitas menjadi 80-100 Liter dan jika pendakian berkisar antara 5-10 hari gunakan carrier dengan kapasitas 100-125 Liter. Sesuaikan berat carrierkalian dengan kapasitas kekuatan kalian, jangan memaksakan. Jadi ukur dirilah. Isi penuh carrier terus pakai, ukur kenyaman carrier yang kamu miliki. Pilihlah carrier nyaman untuk punggungmu.

2.      Jadikan Matras Sebagai Pembentuk Carrier.
Matras di taruh di luar carrier? Itu metode konvensional jaman dulu. Waktu itu carrier modern belum ditemukan. Oleh karena itu tidak memungkinkan memasukkan matras di dalam carrier. Manfaat matras menjadi pembentuk carrier antara lain membuat bentuk carrier bagus (tidak benjol-benjol), efektif pemanfaatan ruang carrier, tidak mengganggu proses pendakian dan matras aman dari hujan.
Tata cara :
          Buka matras, bentuk seperti bulatan lubang.
          Masukkan matras ke dalam carrier dalam posisi berdiri.
masukkan matras
          Lebarkan matras selebar mungkin (lebarkan sesuai ukuran carrier).
          Masukkan sleeping bag dan pakaian ganti dibawah carrier sebagai penahan matras agar tetap terbuka.
          Jika posisi sudah baik, maka isilah carrier sesuai urutan barang.
3.      Lapisi Bagian Dalam Carrier dengan Trash bag/Plastik Sampah.
Pelapisan plastik sampah berfungsi untuk mencegah logistik dan peralatan lainnya basah jika hujan, karena walaupun sudah memakai cover carrier potensi air rembes melalui celah-celah tas sangat beresiko terjadi. Misalnya rembesan air dari bagian tas yang tidak tertutup cover, seperti punggung depan carrier dan tali pundak carrier. Caranya : masukkan matras yang nanti akan digunakan ke dalam trash bag, lalu lakukan hal yang sama seperti no.2.
carrier dengan plastic, anti basah
4.      Taruhlah Sleeping Bag dan Pakaian Ganti di Posisi Paling Bawah
Hal ini dikarenakan sleeping bag dan pakaian ganti frekuensi penggunaanya sangat sedikit, disamping itu kedua barang ini dapat menjadi pengganjal matras untuk membentuk matras menjadi lebar. Keuntungan lain adalah carrier akan menjadi lebih seimbang, hal ini dikarenakan meratanya berat carrier yang dibawa.
5.      Taruhlah Barang Paling Berat di Bagian Tengah Carrier
Contoh barang berat adalah logistik seperti bahan makanan dan air. Peletakan air sangat tepat berada di tengah carrier, karena hal ini akan membuat carrier seimbang pada saat digunakan. Pastikan kemasan air dalam kondisi baik, tidak bocor atau tutupnya terbuka, karena hal ini sangat berbahaya jika terjadi kebocoran.

6.      Bagian Atas Carrier Diisi Barang-Barang Penting.
Barang-barang penting antara lain seperti kamera foto, sandal gunung, alat P3k, makanan snack, dan peralatan lain yang tingkat penggunaanya frekuensinya sangat tinggi. Peletakan ini akan memudahkan kita untuk menggunakanya disaat kita membutuhkannya.
7.      Letakkan Jas Hujan di Kepala Carrier.
Jas hujan adalah barang paling penting untuk digunakan, oleh karena kita harus mendapatkan akses mudah terhadap benda ini. Yaitu antara lain dikepala carrier, pada saat hujan mulai turun kita dengan mudah mengambilnya.
Jas Hujan di Kepala Carrier

8.      Seimbangkan Berat dan Posisi Carrier.
Jika packingsudah selesai, maka posisikan carrierberdiri. Lepaskan dan biarkan carrierberdiri sendiri, jika dia berdiri dengan seimbang maka kalian sudah benar dalam mempacking barang kalian. Jika pada saat dilepas carrier jatuh maka packing kalian belum benar, dan carrier sudah dipastikan tidak dalam kondisi seimbang.
papandayan

9.      Gunakan Cover Carrier.
Banyak manfaat menggunakan cover, antara lain mengurangi resiko basah karena hujan, membuat carrier lebih bersih karena tidak kontak langsung dengan tanah dsb dan membuat tampilan carrier lebih keren diliat. Disamping itu cover berguna untuk mencirikan pendaki, team kita akan dengan mudah memantau jika menggunakan carrier yang bisa dengan mudah kita kenali.
cover mencolok, mencirikan pendaki
10.  Sisipkan Keterangan Biodata Pribadi di Dalam Carrier.
Sisipkan keterangan biodata kalian, nama, no.Hp atau email. Hal ini berfungsi jika terjadi sesuatu dengan kalian, dan hal ini mencegah carrier tertukar dengan yang lain. Jika carrier hilang, dan kalau masih rezeki maka carrier itu akan kembali ke kamu. Hehehe…
Selamat Packing-packing….

Komentar