oleh

Cara Mengatasi Gigitan Ular di Gunung

-Berita-84 views
Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Ular Kecil, yang Samar di Atasa Daun Kering
Resiko dari pendakian adalah bertemu dengan hewan liar, terlebih hewan yang berbahaya. Ular adalah hewan yang cukup sering dijumpai saat di gunung, terlebih gunung dengan tipikal hutan tertutup dan memiliki sumber air yang banyak. Ada beberapa kasus pendaki memang digigit oleh ular, tapi ini sebenarnya adalah mekanisme mereka untuk menjaga diri (bukan berburu, berbeda saat ular menggigit mamalia kecil dan hewan kecil lainya).
Berikut adalah tips yang bisa dilakukan saat ada salah satu teman kalian atau kalian sendiri yang tergigit ular.
Jangan Panik
Kepanikan akan mempercepat laju darah di dalam aliran darah kalian, racun ular yang tersebar melalui darah kalian akan lebih cepat bereaksi jika kalian merasakan panik. Memang alamiah saat kita tergigit kita naik, tapi ini menjadi pelajaran dan sesama teman harus mengingatkan tenang dan jangan panik karena kalau panik maka racun akan lebih cepat bereaksi.
Ikat Bagian Atas dan Bawah Tubuh
Hal ini akan berfungsi untuk melokalisasi aliran darah supaya tidak cepat menyebar ke seluruh aliran darah. Tapi ini tidak bisa bertahan lama, karena setelah dilakukan pengikatan harus cepat mendapat pertolongan. Pertolongan ini hanya sementara dan cenderung tidak efektif jika bagian tubuh yang tergigit memiliki dimensi yang cukup besar, butuh ikatan yang sangat kuat untuk melakukan alokasi aliran darah ini.
Posisikan Bagian Tubuh yang Tergigit Ular Berada di Bawah Jantung
Karena dengan cara ini maka racun tidak mudah untuk masuk ke dalam Jantung dan menyebar ke seluruh pembuluh darah tubuh, terlebih jantung yang sudah masuk racun ular cukup sulit untuk diatasi dan membuat pembekuan darah di dalam aliran darah lebih cepat.
Kurangi Pergerakan Tubuh
Jangan banyak bergerak, karena semakin banyak gerak maka racun akan lebih mudah menyebar ke aliran darah lain. Jadi disarankan bagi teman kalian yang tergigit ular lebih baik digotong atau di papah supaya sedikit melakukan pergerakan.
Kenali Jenis Ular
Cukup sulit melakukan ini memang, tapi ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Karena dengan mengingat minimal corak kulit ular dan bagaimana rupa fisiknya bisa membuat petugas kesehatan (dokter) bisa memilih anti racun yang cocok untuk korban. Jadi mulai sekarang mungkin bisa membaca tentang jenis dan spesies ular di alam, biar lebih memudahkan untuk mengidentifikasi jenis ular yang mengigit.
Segera Bawa ke Rumah Sakit (Pusat Kesehatan)
Semakin cepat membawa ke dokter, maka akan semakin tinggi harapan hidup yang dimiliki oleh si korban. Maka dari itu jangan banyak berunding ketika ada yang tergigit ular, lakukan pertolongan pertama dan segera bawa secepat mungkin ke Rumah Sakit.
Itulah kira-kira yang bisa diberikan oleh saya, mudah-mudahan kalian tidak pernah mengalami hal ini di alam. Saran saya adalah jangan membuat habitat ular terganggu, jangan acak-acak rumput dan pohon sembarangan dan jangan membuat ribut karena ular akan bersikap waspada saat itu.
Semoga bermanfaat ^^v

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya