oleh

Cara Memilih Jaket Gunung

-Berita-97 views
Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Jaket adalah komponen utama untuk dibawa saat naik gunung, equip ini sangat bermanfaat untuk menahan dingin dan ada beberapa produk yang bisa menahan angin. Memang saat ini teknologi sudah sangat berkembang untuk jaket gunung, ada teknologi waterproof, windproof dan teknologi polar. Tapi kadang jaket gunung yang kita bawa tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, jadi untuk mempertimbangkan jaket gunung yang akan kalian pakai atau kalian beli saya akan memberikan beberapa tips yang mudah-mudahan bisa bermanfaat.
  1. Ukuran Jaket
    Pilih Jaket yang diatas sedikit ukuran teman-temen, karena ini akan berfungsi untuk membuat kalian bisa menggunakan berlapis-lapis pakaian di dalam jaket. Ini akan berfungsi ketika kalian menghadapi cuaca dingin yang ekstrim, apalagi bagi kalian yang belum melakukan klimatisasi sebelum melakukan pendakian. Jadi saran yang paling baik adalah carilah ukuran yang sedikit besar di atas ukuran kalian, jangan terlalu pas dan terlalu besar.
  2. Bahan Jaket
    Secara umum dipasaran ada dua jenis bahan jaket, yakni water resistent dan fully waterproof. Kedua bahan ini memiliki harga yang cukup berbeda (lebih mahal waterproof). Memang tergantung kebutuhan, jika budget pas-pasan mending beli yang water resistent. Jika hujan besar pakailah jas hujan yang memang diperuntukan untuk cuaca hujan. Pertimbangkan Bahan Polar yang tersemat di dalamnya, supaya cukup untuk menahan dingin di cuaca yang cukup ekstrim.
  3. Teknologi Jaket
    Mengenal Teknologi jaket gunung maka kita akan diperkenalkan dengan teknologi GORE-TEX, membran anti air yang terdapat pada bahan jaket gunung merupakan lapisan tipis yang memiliki banyak pori-pori mikroskopis yang cukup besar untuk mengeluarkan uap panas tubuh, pori-pori ini cukup untuk mencegah air masuk ke dalam. Teknologi ini yang membuat kita lebih leluasa dalam melakukan pergerakan, dan tentu lebih aman terhadap masuknya air.

  4. Harga Jaket
    Harga jaket yang mahal biasanya akan memberikan bonus-bonus teknologi yang sudah tersemat di dalamnya, sudah pasti jaket ini akan berguna. Tapi perhatikanlah teknologi yang dibawa bukan hanya melihat dari harganya, karena tidak selamanya harga jaket yang mahal akan bermanfaat untuk kita. Sesuaikan dengan kebutuhan, misal pada gunung dengan curah hujan yang tinggi tidak dianjurkan menggunakan jaket dengan bahan polar di dalamnya, karena akan lama kering. Jadi lebih bijak dalam membeli jaket jangan hanya melihat merek dan harga yang kadang tidak masuk di akal.
  5. Tools yang Tersemat di Jaket.
    Adanya resleting, kantong jaket, Hoody, pitt zip, Velcro, bisa menjadi pertimbangan memilih jaket gunung, Resleting yang dianjurkan adalah merek YKK, dan mungkin lebih baik jika ada penutup resleting sebagai penahan air tidak masuk melalui celah-celah resleting. Adanya kantong jaket juga bisa bermanfaat untuk menyimpan sesuatu yang urgent misal senter, obat, makanan dan sebagainya.
  6. Kualitas Jaket.
    Perhatikan kualitas jahitan, kualitas bahan tidak mudah rusak dan kualitas warna juga sablon yang tersemat di jaket. Jahitan antar jaket bisa menjadi pertimbangan, karena biasanya bagian ini yang paling rentan rusak. Jadi mulailah mengenal bagaimana melihat bahwa kualitas jaket ini baik dan tidak mudah rusak.
  7. Warna Jaket
    Pilihlah warna jaket gunung yang kalian suka, saya menyarankan untuk menggunakan warna yang cerah selain baik secara psikologis juga mudah dikenali bahkan dari jauh walau saat itu sedang kabut tebal. 
Sekian tips dan trik untuk memilih jaket gunung. Semoga bermanfaat..
Selamat Mendaki ^^v

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya