Cara Membuat Kolak Pisang Raja Yang Lezat

Buah pisang raja adalah buah yang memiliki rasa yang sangat enak. Buah pisang ini bisa dijadikan dengan berbagai menu makanan. Buah pisang raja ini banyak dijual di pasar-pasar. Harganya pun relatif murah. Dari buah pisang raja ini bisa jadikan pisang goreng, bisa dibuat keripik pisang dan juga bisa dibuat kolak pisang.

Cara membuat kolak pisang raja sangatlah mudah. Karena sangat mudah maka sebaiknya anda membuat sendiri masakan kolak pisang itu. Kelezatan kolak pisang raja setara dengan kelezatan kolak pisang kepok. Hanya saja bedanya kalau pisang kepok lebih kenyal, sedang pisang raja kurang. Masakan kolak pisang ini bisa anda masak kapan saja ketika anda menginginkannya.

Namun akan lebih terasa nikmat dan mak nyus… jika kolak pisang ini dimakan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Sebab kolak ini akan terasa mantap di lidah. Rasa lapar yang seharian karena puasa akan membuat cita rasa kolak ini semakin menjadi bertambah nikmat. Bagaimanakah resep cara membuat kolak pisang ?

cara membuat kolak pisang

Resep cara membuat kolak pisang raja

Cara Membuat kolak pisang raja sama seperti dengan cara membuat kolak pisang kepok atau kolak pisang-pisang lainnya. Perbedaannya hanya buah pisang yang dimasaknya. Karena yang akan dibuat kolak adalah pisang raja, maka yang digunakan adalah pisang raja. Berikut ini adalah cara membuat kolak pisang raja.
  • Sediakan 10 buah pisang raja/ lebih (sesuaikan dengan kebutuhan), dan iris menjadi dua /tiga bagian.
  • 150 air santan /lebih (sesuaikan dengan kebutuhan)
  • 8 sendok makan gula pasir (sesuaikan dengan kebutuhan)
  • 8 sendok makan gula merah (sesuaikan dengan kebutuhan)
  • 2 sendok vanili
  • 2 lembar daun pandan.
BACA JUGA INI:   Rapat Penjadwalan Pembahasan Raperda Kabupaten Muba Tahun 2021

Setelah bahan-bahan tersedia, maka lakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Tuangkan air santan ke dalam panci, lalu masukan pisang raja, lalu panaskan hingga sampai mendidih.
  2. Setelah air mendidih masukan gula pasir, gula merah, daun pandan, dan vanili. Aduk hingga merata. Setelah kolak matang bisa anda sajikan.

Komentar