Ayo! Dorong Produk Lokal Berdaya Saing Global

Muara Enim-Sumsel, ExtraNews – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muara Enim mempunyai peran penting untuk pengembangan kegiatan ekonomi. Khususnya potensi produk kerajinan yang bernilai budaya lokal, yang diharapkan mampu bersaing di pasar global.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar (HNU) dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Rencana Program Kerja Dekranasda Kabupaten Muara Enim Tahun 2021, di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya, Kantor Bappeda Muara Enim, Selasa (14/9/2021).

Pada kesempatan itu, HNU mengingatkan Perangkat Daerah termasuk pihak yang turut serta menjadi pengurus Dekranasda Kabupaten Muara Enim agar dapat mendukung menyinergikan program kerja yang ada.
Serta sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing sehingga daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dapat meningkat dengan berorientasi pasar dan selera global karena Dekranasda merupakan mitra strategis pemerintah dalam pembangunan.

BACA JUGA INI:   Hadapi Tantangan di Industri Batu Bara, Dirut PTBA Minta Memperkuat Sinergi

“Dekranasda memiliki tugas besar dalam menggali, melestarikan, membina dan mendorong potensi seni kriya atau kerajinan Kabupaten Muara Enim agar mampu berdaya saing,”tegas HNU.

Dirinya juga meminta Dekranasda optimal memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah dengan tidak lupakan satu hal penting terkait kearifan lokal/ kerajinan daerah yakni branding atau hak paten dari produk tersebut.

“Ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan potensi kerajinan daerah dengan menjalin kerja sama dengan semua pihak, tidak hanya dengan pemerintah daerah tetapi juga pihak ketiga seperti dunia usaha melalui program community development dan tanggung jawab sosial,”ungkapnya.

Menurutnya, dukungan perusahaan agar mampu mendorong munculnya industri kreatif keluarga dan masyarakat sehingga menjadi penggerak perekonomian daerah. “Khususnya menumbuhkan usaha mikro, kecil dan menengah yang menuju pada peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat,”tuturnya.

BACA JUGA INI:   Pj Bupati Muba Terima Audiensi PT Agro Sinergi Sukses Abadi

Diakhir arahannya, Pj Bupati mengajak semua, termasuk Dekranasda Kab. Muara Enim untuk turut memaksimalkan keberadaan Gerai Pusat Oleh-oleh Kabupaten Muara Enim yang pengelolaan dan pemanfaatnya berada di Dinas Perdagangan.

“Manfaatkanlah secara maksimal sebagai sentra promosi kerajinan daerah dengan memamerkan produk kerajinan dan oleh-oleh dari seluruh Kec. yang ada di Muara Enim,”ajak orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang. [NH]

 

Komentar