Yusnita : JKN Kian Mudah. Pakai KTP, Kita Sudah Bisa Akses Layanan Kesehatan.
Palembang, Jamkesnews – Yusnita, warga kelurahan 30 Ilir, mengaku telah terbantu untuk biaya pengobatan keluarganyadengan menjadi bagian dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ia pun menceritakan pengalaman berobatkeluarganya dengan menggunakan JKN di saat dijumpaisedang menemani sang Ibu yang dirawat inap di salah saturumah sakit swasta di Kota Palembang.
“Kami sangat terbantu dengan adanya JKN ini. Pelayananyang kami terima selalu baik. Kami juga tidak adamengeluarkan biaya apa pun. Semuanya ditanggung oleh JKN,” jelas Yusnita.
Dirinya juga menambahkan bahwa menggunakan JKN tidaksusah, hanya perlu menunjukkan identitas seperti KTP, dirinyadan keluarga sudah bisa mengakses pelayanan kesehatan di rumah sakit.
“Contoh halnya Ibu saya yang saat ini sedang dirawat inap. Ketika pendaftaran, saya hanya memberikan KTP Ibu saya, setelah itu data kami diproses dan kami sudah bisamendapatkan pelayanan sesuai dengan hak kelas kami,” ungkapnya.
Yusnita menyampaikan bahwa masyarakat hendaknya tidakperlu ragu untuk memanfaatkan jaminan perlindungankesehatan yang diberikan oleh program JKN ini karena sesuaiindikasi medis dan prosedur, penyakit yang sedang dideritaakan ditanggung.
“Ibu saya saat ini dirawat inap karena didiagnosa ada tumor di perutnya. Pelayanan yang kami terima baik, tidak adaperlakuan yang berbeda. Fasilitas yang ada di rumah sakitjuga dapat semua kami rasakan dan tidak ada biaya tambahanyang kami keluarkan,” jelas Yusnita.
Ia juga menambahkan bahwa tidak ada pembatasan hari untukrawat inap.
“Saya sudah lima hari menemani Ibu saya rawat inap disini. Itu berarti yang pernah saya dengar bahwa jika menggunakanJKN, rawat inap hanya dibatasi sampai tiga hari itu hoaxadanya,” tuturnya.
Yusnita dan keluarga sudah cukup lama terdaftar sebagaipeserta JKN. Tiap kali berobat, mereka selalu mengandalkanJKN. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan denganmenggunakan JKN, baik terkait biaya ataupun rujukan.
“Ibu saya juga pernah berobat ke poli THT di FasilitasKesehatan yang lain karena telinganya ada bermasalah. Pelayanan yang kami terima juga baik. Semua FasilitasKesehatan yang kami kunjungi untuk berobat semuanyamemberikan pelayanan yang baik,” ungkap Yusnita.
Menyadari begitu besarnya manfaat yang diperoleh dariprogram JKN, membuat dirinya sangat bersyukur keluarganyatelah terdaftar sebagai peserta JKN. Dirinya bahkan tidakmampu membayangkan jika keluarganya tidak terdaftarsebagai peserta JKN.
“Dari pengalaman berobat kami sekeluarga, kami dapatmenyimpulkan bahwa sangat penting untuk terdaftar sebagaipeserta JKN,” ujar Yusnita penuh syukur.
Yusnita sungguh mengapresiasi kehadiran Program JKN yang secara nyata telah membantu dan memberikan banyakmanfaat kepada dirinya dan keluarga. Ia pun menghimbaukepada masyarakat untuk tidak perlu ragu mendaftarkan dirimereka menjadi bagian dari Program JKN.
“Kami merasa tenang jika sudah terdaftar sebagai pesertaJKN, karena tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu sakitdan perlu berobat ke fasilitas kesehatan,” tambah Yusnita.
Yusnita sangat berharap Program JKN akan terus berlanjutdan dapat terus membantu masyarakat yang membutuhkanakses pelayanan kesehatan seperti dirinya dan keluarga. Masyarakat yang sebelumnya enggan berobat ke rumah sakitdikarenakan biaya yang tidak murah jadi tidak perlu khawatirdengan mendaftarkan diri mereka sebagai Peserta JKN.
“Hadirnya program JKN membuat masyarakat di semuakalangan mempunyai kesempatan untuk mengakses pelayanankesehatan. Program JKN adalah program yang diberikan oleh pemerintah, jadi kita tidak perlu ragu untuk memanfaatkanjaminan Kesehatan yang disediakan dari program ini,” tutupnya.fir