Pemberitahuan Pemadaman Masih Minim, Namun PLN Mngaku Terus Lakukan Komunikasi Proaktif dengan Stakeholder Terkait Pemadaman
Palembang, Extranews —- Menanggapi pemberitaan media yang menyebutkan minimnya informasi dari PLN saat terjadi pemadaman listrik di kawasan Jalan Abikusno Cokrosuyoso, Palembang. PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) menegaskan bahwa komunikasi aktif dan transparan telah dilakukan melalui berbagai kanal resmi, termasuk grup WhatsApp (WAG) yang melibatkan stakeholder hingga tingkat pemerintahan terkecil.
Terkait informasi pemadaman listrik juga, redaksi Extranews pernah menyampaikan ke tim humas, untuk membantu pemberitahuan soal jadwal pemadaman. Namun hingga kini tidak ada respons juga daei PLN. Masih terdapat kelemahan dalam pemberitahuan jadwal pemadaman ini.
Pemadaman listrik yang terjadi pada tanggal 21 Mei 2025 disebabkan oleh gangguan jaringan distribusi yang sedang dalam proses penanganan oleh tim teknik PLN. PLN UP3 Palembang langsung menyampaikan informasi awal mengenai gangguan tersebut melalui WAG PLN Menyapa bersama awak media dan WAG yang beranggotakan perwakilan kecamatan, kelurahan, RT/RW, serta tokoh masyarakat setempat.
“PLN secara aktif membangun dan memelihara komunikasi langsung dengan stakeholder di tingkat lokal. Di setiap unit layanan kami, termasuk di UP3 Palembang, telah dibentuk grup WhatsApp bersama lurah, ketua RT/RW, dan aparat wilayah lainnya. Di grup inilah informasi gangguan maupun jadwal pemeliharaan rutin diinformasikan secara berkala,” jelas Manager PLN UP3 Palembang, Henry Nugroho.
Selain itu, masyarakat juga dapat secara mandiri mengakses informasi terkait status kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile, yang menyediakan fitur pelaporan gangguan, notifikasi pemadaman, serta estimasi waktu pemulihan secara real time. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di Play Store dan App Store, dan menjadi salah satu kanal utama komunikasi PLN kepada pelanggan.
“Kami melakukan berbagai upaya agar informasi gangguan tersampaikan secepat mungkin, baik secara langsung kepada perangkat wilayah maupun melalui aplikasi PLN Mobile. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk terus layanan terbaik bagi masyarakat,” tambahnya.
PLN mengimbau masyarakat untuk selalu memperbarui aplikasi PLN Mobile dan memastikan nomor kontak mereka terdaftar agar bisa menerima notifikasi otomatis dari sistem. Selain itu, Call Center PLN 123 juga tersedia 24 jam untuk menerima laporan dan memberikan informasi kepada pelanggan.
PLN tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan terbuka terhadap kritik yang membangun. Masukan dari masyarakat menjadi bahan evaluasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya dalam aspek komunikasi. Fir