Pasca Banjir, PLN UP3 Jambi Kawal 100% Memastikan Layanan Listrik

AFEF99D6 2E09 4A16 B3EF 526EEA407F79

Pasca Banjir, PLN UP3 Jambi Kawal 100% Memastikan Layanan Listrik 

Kota Jambi, Extranews – Banjir yang melanda Kota Jambi dan sekitarnya selama hampir dua pekan terakhir telah menyebabkan kerugian besar, termasuk merendam pemukiman warga dan menyebabkan tiga korban jiwa. Ketinggian air Sungai Batanghari mencapai 15 meter, dan sekitar 435 kepala keluarga terpaksa mengungsi. Situasi ini semakin memperburuk kehidupan masyarakat yang sudah terjebak dalam genangan banjir.CA2A8DE3 BEBF 4FC3 B814 483D336C9C62 09CA0165 C27F 4552 A2BF 7B8450D75167 AF9DC969 CC76 4E0E A4ED 319C06277D7A 343C16DF ECD5 4843 843D E6A2B26162FA 997A6BB2 2DDC 42EC AFE9 7E069A6E2AE9

Namun, di tengah kesulitan tersebut, PLN UP3 Jambi bergerak sigap untuk memastikan pasokan listrik tetap aman dan stabil, meskipun wilayah terdampak banjir cukup luas. Tim PLN gabungan dengan total 60 personel telah turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan pengamanan terhadap gardu distribusi yang berpotensi terendam air.

_Tindakan Cepat PLN dalam Mengamankan Kelistrikan_

Tim PLN UP3 Jambi telah berkoordinasi intensif dengan BPBD dan pihak terkait lainnya untuk memantau kondisi debit air dan memastikan keselamatan kelistrikan di tengah bencana ini. Sejumlah gardu distribusi yang terendam air langsung dipadamkan untuk menjaga keselamatan masyarakat. Di Kabupaten Muaro Jambi, sebanyak 81 gardu distribusi yang berpotensi terdampak banjir telah dipastikan kembali menyala 100%. 9.100 pelanggan yang sebelumnya terancam padam kini sudah dapat menikmati pasokan listrik dengan daya terpulihkan sebesar 3 MW.

BACA JUGA INI:   Peluang Jadi Anggota KPU dan Bawaslu RI, Ini Nama-nama Timselnya

Berapa kondisi berbeda terjadi di beberapa wilayah lainnya. Di Kota Jambi, satu gardu distribusi yang terendam air masih belum bisa menyala kembali, dengan daya 555 kVA masih padam. Sementara itu, di Kabupaten Batanghari, dari enam gardu yang terdampak, tiga telah menyala kembali, memberikan pasokan listrik 4 dari 6 gardu distribusi yang terdampak.

PLN UP3 Jambi tidak hanya bekerja mengamankan kelistrikan, tetapi juga melakukan sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan kepada masyarakat dan stakeholder. Koordinasi terus dilakukan dengan BMKG untuk memantau ramalan cuaca serta dengan tim SAR dan pemerintah daerah untuk memastikan pasokan listrik di tempat-tempat pengungsian tetap terjaga.

_Daerah Terdampak dan Upaya Pemulihan_

Beberapa wilayah yang terdampak banjir di wilayah PLN UP3 Jambi meliputi Telanaipura (Tebat Patah dan IPAL Sijenjang), Seberang Kota (Kecamatan Pelayangan dan Danau Teluk), serta Muara Bulian (Desa Sebrang Pulau dan Tanjung Pasir). Di wilayah Telanaipura, sebagian besar sudah pulih, hanya tinggal satu pelanggan di IPAL Sijenjang yang masih mengalami pemadaman. Selebihnya, kondisi kelistrikan di Seberang Kota dan Muara Bulian sudah kembali normal, meski ada beberapa gardu yang masih dalam proses pemulihan.

BACA JUGA INI:   Juri Ardiantoro, Ketua Timsel KPU & Bawaslu RI : Jamin Independensi Timsel

Manager UP3 Jambi Ediwan mengatakan bahwa PLN selalu berkomitmen dalam menjaga pasokan listrik terlebih saat ini memasuki bulan Ramadhan

“Kami sangat memahami beratnya kondisi yang dialami masyarakat. Dengan melihat langsung kondisi di lapangan, kami berkomitmen untuk terus memastikan pasokan listrik tetap aman dan mengawal penormalan” ungkap Ediwan.

PLN mengajak semua lapisan masyarakat untuk saling mendukung, segera laporkan setiap gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Call Center 123. Fir

lion parcel