Wabup Lahat Ingatkan Soal Pengamanan Vaksin Covid

28

Lahat, Extranews — Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE, MM, MBA, mengingatkan kepada tim persiapan vaksin agar memperhatikan keamanan dan pengamanan vaksin. Hal itu disampaikan Wabup pada Rapat koordinasi persiapan vaksinasi di Kab Lahat, Kamis (14/1). Haryanto mengimbau,  seluruh pihak terkait untuk mendukung demi menyukseskan vaksinasi tersebut.
Selain itu juga wakil bupati membahas terkait pengamanan vaksin tersebut nantinya, jika telah didistribusikan ke kabupaten Lahat , adapun salah satu upaya penyimpanan vaksin tersebut di gudang farmasi  dan beberapa puskesmas yang memenuhi syarat.
“Untuk puskesmas yang akan menerima vaksin harus dicek kesiapan nya salah satu nya harus ada kulkas guna penyimpanan vaksin dan persiapan lainnya” ucapnya pada awak media. Rakor yang juga  dihadiri  Dandim 0405/Lahat, Kapolres Lahat, Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Sekwan, Asisten 1 Pemkab Lahat, sejumlah Gugus Tugas Covid-19 Lahat. Dalam paparannya, mewakili Dinas Kesehatan, Taupik Maryansah Putra SKM, MM, pelaksanaan imunisasi antara lain menyangkut manajemen pengolahan vaksin seperti penyimpanan vaksin pada suhu 2-8 derajad, serta kemasan multi dose, lama perlindungan panjang minimal satu tahun, platform yang sama untuk memudahkan evaluasi. Mereka yang akan menerima vaksin ini ada 4 tahapan, untuk yang pertama akan di berikan pada tenaga kesehatan, tahap kedua petugas publik dan lansia, tahap ketiga para pelaku usaha, kemudian tahap terakhir masyarakat kabupaten lahat. Menurutnya pelayanan vaksinasi yang terbagi 4 tahapan tersebut yaitu:
Meja 1 ( pendaftaran) melalui e- ticker dan di tindak lanjuti oleh petugas dengan verivikasi NIK.
meja 2(skrining) yaitu pemeriksaan kondisi kesehatan ,di lakukan dengan menggunakan aplikasi Pcare.
Meja 3(vaksinasi) yaitu vaksinasi secara intra muskular sesuai prinsip penyuntikan aman.
Meja ke 4(pencatatan dan observasi) yaitu pencatatan hasil pelayanan dari aplikasi Pcare dan observasi selama 30 menit untuk memonitor.”Vaksin tersebut akan disalurkan melalui 33 puskesmas serta 2rumah sakit yang ada di kabupaten Lahat. Dan saya menghimbau vaksin tersebut halal dan aman untuk digunakan, serta hindari berita- berita yang tidak benar.
Demi memerangi virus covid 19 di Indonesia dan terkhusus kabupaten lahat mari kita bersatu dan bergandeng tangan,” ajaknya. @ahmad

LEAVE A REPLY