Wisatawan Bedegung Patuhi Prokes Covid-19

19
Kapolsek Tanjung Agung memberikan masker kepada pengunjung dan menghimbau agar penerapan protokol kesehatan.

Muara Enim, Extranews —- Kawasan wisata air terjun Bedegung yang berada di Desa Bedegung Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim ramai dikunjungi wisatawan selama masa libur akhir tahun. Meski terpantau ramai, namun penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di destinasi unggulan di Kabupaten Muara Enim tersebut berlangsung tertib.
Kapolsek Tanjung Agung AKP Candra Kirana Putra, menuturkan penerapan protokol kesehatan di destinasi bedegung berlangung tertib karena dibantu pengawasan ketat oleh tim Wisata Tangkap Covid-19. “Kita membuat inovasi terobosan kreatif yang diberi nama Wisata Tangkal Covid-19,” kata Candra, Minggu (3/1).
Tim kreatif Wisata Tangkal Covid-19 ini, kata dia, mengutamakan penerapan protokol kesehatan dalam lokasi wisata, bekerja sama dengan TNI, Satpol PP, DIshub, Dinkes dan UPTD Pariwisata.
Dijelaskannya, pihaknya berupaya memutus mata rantai Covid-19 yang dapat menimbulkan klaster dilokasi wisata. Selain bertujuan untuk antisipasi penyebaran pandemi, Candra mengatakan melalui posko anggota kepolisian juga memberikan penjelasan dan himbauan kepada para pengunjung, agar dapat berekreasi dengan mengutaman penerapan prokes Covid-19.

Kapolsek Tanjung Agung memberikan masker kepada pengunjung dan menghimbau agar penerapan protokol kesehatan.

“Seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan,”jelasnya.
Dalam mendukung upaya itu, berbagai sarana dan prasarana telah disiapkan, di antaranya penyediaan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh kepada para pengunjung wisata Air Terjun Bedegung. Lalu juga ada sistem Public Address, imbauan papan bicara, dan pembagian leaflet tentang adaptasi kebiasaan baru.
“Mayoritas warga sudah menggunakan masker/penutup mulut selama berada di tempat wisata Air Terjun Bedegung dan sudah menerapkan jaga jarak sesuai tanda silang yang sudah dibuat di lokasi wisata. Pihak pengelola dan petugas di wisata Air Terjun Bedegung juga sudah menyediakan tempat untuk mencuci tangan bagi para pegunjung sesuai protokol kesehatan Covid-19,”tandasnya.NH

LEAVE A REPLY