Semende Raya Jadi Kawasan agropolitan

23
Salah satu kawasan agro wisata di Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu.

2022 Semende Raya Jadi Kawasan Agropolitan Muara Enim, Melanjutkan program Kalamudin Dan Muzakir

Muaraenim, Extranews —- Pemerintah Kabupaten Muara Enim siap menyulap wilayah Semende Raye menjadi kawasan agropolitan ditahun 2022 mendatang sebagai kelanjutan program agropolitan yang dirintis bupati Muzakir dan Kalamudin sebelumnya. Pembangunan kawasan agro diwilayah Semende Raya yang terbagi tiga Kecamatan Semende meliputi Darat Laut, Darat Tengah dan Darat Ulu tersebut akan mereplikasi program agro milik Kabupaten Cianjur.
Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Peternakan Muara Enim, Ir Ulil Amri mengatakan hasil studi banding ke Kabupaten Cianjur belum lama ini, maka direncanakan tahun 2022 mendatang Kabupaten Muara Enim akan mereplikasi program pertanian dan perikanan.
Ulil menuturkan program yang direncanakan bidang pertanian dan perikanan kemungkinan akan digarap di tiga kecamatan Semende meliputi Darat Laut, Darat Ulu dan Darat Tengah. “Untuk menunjang program pertanian dan perikanan di tiga Semendo akan digarap yang mana pas untuk dibangun agrowisata, agribisnis dan agropolitan,” terang Ulil.
Menurutnya, rencana tersebut mulai direalisasikan ditahun ini. Namun diakuinya ditahun 2021 ini masih dalam tahap pengkajian dan kemungkinan pada tahun 2022 mendatang akan dibangun di tiga kecamatan Semendo tersebut.
Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengunjungi Kabupaten Cianjur dalam rangka upaya percepatan perwujudan ketahanan pangan daerah awal bulan lalu. Dalam kesempatan itu, Bupati Muara Enim H Juarsah mengatakan topografi Kabupaten Cianjur hampir sama dengan Kabupaten Muara Enim terutama di Semendo Raya.
Sehingga sangat cocok dikembangkan sektor-sektor perekonomian lain seperti halnya di sektor perikanan darat atau air tawar yang mampu menghasilkan tambahan pendapatan bagi masyarakat.

Salah satu kawasan agro wisata di Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu.

Untuk memaksimalkan itu, Bupati Muara Enim beserta rombongan diajak langsung mengunjungi UPTD Sub Terminal Agribisnis (STA) Kabupaten Cianjur, Balai Penelitian Tanaman Hias (BALITHI) di Kecamatan Pacet, pusat agribisnis dan budidaya pertanian Gapoktan Mujagi serta kawasan budidaya perikanan Kabupaten Cianjur.
Selanjutnya Bupati langsung mengintruksikan Kepala Perangkat Daerah untuk menerapkan apa-apa yang didapat di tempat masing-masing guna percepatan perwujudan Ketahanan Pangan Daerah di Bumi Serasan Sekundang.NH

LEAVE A REPLY