Pendemi Covid, Pramuka Jadi Pelopor Perubahan

42

Gubernur Sumsel Herman Deru Meminta agar  Pramuka Jadi Pelopor Perubahan Di tengah bencana Pandemi covid.

Palembang, Extranews – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan harus mampu membawa perubahan  di tengah pandemi covid 19. Harapan tersebut diungkapkan  Gubernur Sumsel, H Herman Deru menghadiri pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan 2020 yang digelar di  Hotel The Zuri Palembang, Kamis (17/12/20).

Selain  memberikan apresiasinya  atas kegiatan Rakerda yang mengambil  tema “Pramuka Pelopor Perubahan Prilaku Kebiasaan Baru Era Covid-19 tersebut, dia juga berpesan agar Pramuka tidak hanya bicara satu  aspek saja, namun juga  harus memperatikan aspek medis, ekonomi dan aspek sosial budaya.

“Paling tidak kita mengajak para anggota pramuka menjaga imunitas dengan baik. Sehingga kesehatan bisa berdampak pada sektor lainnya termasuk pemulihan ekonomi,” ucapnya.

Herman Deru  yang juga Ketua Mejelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumsel ini menegaskan, Pramuka bukan hanya jadi pelopor kebiasaan baru namun lebih dari melalui  Rakerda harus memberikan semangat kepramukaan. Semangat ini harus disebarkan hingga ke tingkat sekolah-sekolah.

“Peran Gerakan Pramuka dalam dua tahun terakhir terus meningkat, bahkan kita siap menjadi berbagai event tuan tumah tingkat nasional hingga internasional,” ucapnya.

Selain itu, Herman Deru  berkeinginan  pendataan anggota harus lebih baik lagi melalui berbagai program yang dijalankan, salah satunya program memberikan kartu identitas berbentuk kartu  ATM yang juga bisa difungsikan sebagai bank data  keanggotaan Pramuka di Sumsel.

“Identitas ini juga bisa menjadi bank data bagi semua anggota Pramuka di semua cabang di Kabupaten/kota di Sumsel,” ucapnya.

Ditambahkan Herman Deru, pemanfaatan bumi perkemahan menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Upaya ini dilakukan untuk menjadikan Bumi Perkemahan Pramuka Sumsel bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kepramukaan.

Dilain pihak Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka sekaligus Komandan Satgas Pramuka Peduli Covid-19, Bachtiar Utomo saat membacakan sambutan tertulis Komisaris Jenderal (Purn) Budi Waseso sebagai ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyebut, Rakerda sebagai langkah untuk pengendalian operasional. Kerelawanan Pramuka harus menjadi garda terdepan, baik dalam memberikan bantuan, sosialisasi dan lain sebagainya.

“Pendampingan sangat diperlukan agar Pramuka dapat  meningkatkan peran. Selamat Rapat Kerja Gerakan Pramuka Sumsel, semoga dapat menghasilkan manfaat bagi anggota Pramuka dan masyarakat Sumsel,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Korda Gerakan Pramuka Sumsel, H Mukti Sulaiman mengatakan, Pramuka  telah banyak berbuat dimasa  pandemi Covid-19.

“Kita secara daring Kwarda menyampaikan ke pelosok, kita sampaikan dan sosilisasi tentang 3 M. Anak-anak akan menyampaikan ke orang tua dan keluarganya,” terangnya.

Menurutnya, Rapat Kerja sebagai upaya melakukan evaluasi, sehingga pada 2021 bisa menggelar kembali  berbagai kegiatan secara nasional maupun level internasional.rel/fk

LEAVE A REPLY