BNPT Ingatkan Warga Gunakan Medsos Secara Bermartabat

57

BNPT Ingatkan Warga Gunakan Medsos  Secara Bermartabat. Saking perhatiannya Boy dengan FKPT se Indonesia menawarkan acara Rakernas FKPT awal tahun 2020 digelar di Labuan Bajo. Maksudnya tidak lain membangkit dunia pariwisata di destinasi obyek wisata. “Seperti saat ini Rakornas digelar di Nusa Dua Bali,” ujar Boy. 

Nusa Dua, Bali, Extranews — Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar, mengingatkan warga agar lebih bermartabat dalam menggunakan media sosial (medsos). Hak itu disampaikannya dalam acara penutupan Rakornas FKPT di Hotel Wistin, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/12). Suatu kondisi yang menghawatirkan saat ini kecenderungan penyebaran konten di medsos yang mengarah konten teror, disinformasi, hoax dan provokatif. Dengan memperhatikan keprihatinan penyebaran konten negatif tadi, Boy mengimbau warga agar menggunakan medsos secara bermartabat. Konten-konten yang negatif paling sering menyinggung materi agama, hukum dan ideologi Pancasila. 

Boy juga meminta agar FKPT berperan mengedukasi agar warga secara masif menyebar konten yang positif, mengangkat identitas jati diri bangsa, kebinekaan. Katena itu empat warisan leluhur yaitu UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. 

Menurut Dia, memelihara nilai nilai yang diwariskan leluhur bangsa yaitu dengan penguatan 

nilai nilai kebangsaan. “Memang hidup adalah pilihan, akan tetapi jangan sampai salah memilih juga,” ujar Boy.  Selanjutnya yaitu modernisasi kehidupan beragama, artinya melalui beragama jangan sampai terdapat kesalahan pengamanan terkait konsep beragama. Perlu menjaga keseimbangan, dan jangan gampang menyalahi orang lain. 

Selain itu, ujar Boy sangat penting menghidupkan akar budaya bangsa dengan mengangkat kearifan lakal. Hal ini juga secara otomatis akan menolak budaya asing yang merusak budaya lokal. Melalui FKPT juga Boy berharap agar dapat berperan dalam mengisi konten antitesis terhadap konten yang negatif. Saking perhatiannya Boy dengan FKPT se Indonesia menawarkan acara Rakernas FKPT awal tahun 2021 digelar di Labuan Bajo. Tak ayal disambut tepuk tangan oleh peserta dari FKPT se Indonesia. Maksudnya tidak lain membangkit dunia pariwisata di destinasi obyek wisata. “Seperti saat ini Rakornas digelar di Nusa Dua Bali,” ujar Boy. Dengan kemajuan teknologi pada saat ini, siapa pun untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

Warganet, ujar Boy, harus bisa menyebarkan pesan-pesan perdamaian, baik di dunia maya dan juga di dunia nyata sebagai upaya untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pengguna medsos jangan mudah terpengaruh terhadap hasutan yang timbul dari ujaran kebencian sehingga dapat terpengaruh dengan paham kekerasan yang berujung pada paham radikal terorisme yang dapat merusak persatuan bangsa.

Menurut Boy, dalam menggunakan media sosial, banyak sekali hal-hal yang tidak hanya merusak, tapi juga untuk ke arah destruksi bangsa. Oleh sebab itu ambil sisi positifnya dengan menyebar pesan perdamaian untuk menjaga persatuan bangsa.fk

LEAVE A REPLY