BPK Sumsel Bersama PWI Sumsel dan KIP Bersinergi Tingkatkan Kerja Sama

48

BPK Sumsel Bersama  PWI Sumsel dan KIP Bersinergi Tingkatkan Kerja Sama

Palembang, Extranews —- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Selatan dan  PWI Sumsel serta Komisi Informasi Publik (KIP) Sumsel bersinergi dan menjalin kerja sama. 

Kepala  BPK Perwakilan Sumsel Harry Purwaka CSFA, Rabu (2/12), hadir di kantor PWI Sumsel, Jalan Supeno Palembang. Menurut Harry, kerja sama dengan PWI adalah bentuk kerja sama berkait dengan penyampaian informasi ke publik. Jangan sampai akses informasi dari BPK tidak tepat sasaran. Harry juga mengemukakan, visi dan misi BPK dalam tugas nya melaksanakan pengawasan penggunaan keuangan negara. BPK sebagai auditor berperan dan dalam pencapaian tujuan negara. “Termasuk audit penggunaan dana covid yang masih on progress saat ini ,” ujar Harry. Sementara itu Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar terkait dengan peran sebagai pencapaian tujuan negara, mengemukakan, sama dengan yang dilakukan peran PWI dari masa kemerdekaan, wartawan telah berperan dalam perjuangan pencapaian kemerdekaan. Oleh karena itu sangat wajar, jika PWI hingga saat ini berperan untuk mencapai tujuan bernegara sesuai dengan amanat UUD 1945. Firdaus juga menuturkan PWI sebagai lembaga organisasi menerima dana hibah dari pemerintah dan hal itu sesuai dengan aturan yang berlaku.  Harry yang didampingi Asep menjelaskan, jika ada lembaga atau pribadi minta akses informasi tetap harus melalui prosedur karena  menjadi pertanyaan untuk apa informasi itu digunakan. Sementara itu, wakil ketua KIP Sumsel Arwadi menjelaskan, pada tahun 2020 sekitar 50 kasus lebih  perselisihan informasi yang dilaporkan ke KIP. 

Sebanyak 30 wartawan dari beberapa media di Sumsel mengikuti Media Workshop yang digelar Perwakilan BPK Sumsel di Sekretariat PWI Sumsel, Rabu (2/12).

Beberapa narasumber menjadi pembicara dalam Media Workhsop.  Kepala Perwakilan BPK Sumsel Harry Purwaka, Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, dan narasumber dari KIP Sumsel Arwandi. Media Workshop mengambil tema “Bersinergi untuk Akses Informasi Publik yang Bertanggungjawab. Fk

LEAVE A REPLY