Bungadesa, Program Unggulan Quick Win Smart City

45

Bungadesa, Program Unggulan Quick Win Smart City
Muara Enim, Extranews —Pemerintah Kabupaten Muara Enim terus mematangkan diri untuk menjadi salah satu Kabupaten pintar atau Smart Regency di Indonesia.
Dalam upaya mewujudkan gerakan Smart Regency di Bumi Serasan Sekundang, salah satu program Pemkab Muara Enim yakni Bupati Ngantor Desa (Bungadesa) digadang sebagai program unggulan (Quick Win).
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim Ardian Arifanardi mengatakan program Muara Enim Smart Regency dengan Visi “Mewujudkan Muara Enim Smart Regency yang Nyaman, Berdaya Saing dan Lestari”.
Program tersebut sudah digagas sejak 4 (empat) tahun yang lalu 2017-2020 dan ditahun 2018 sudah berhasil bergabung dalam Gerakan Menuju 100 Smart City tepatnya pada Bulan Mei.
Menurutnya, program-program tersebut yakni Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment Kabupaten Muara Enim. “Serta Rencana Aksi dengan Quick Wins Aplikasi Mance (Muara Enim Center), SiCerdas, Rumah UMKM Gerbang Serasan, Colorful Muara Enim Festival juga untuk tahun 2020 ini dengan New Quick Wins yaitu BUNGADESA (Bupati Ngantor Di Desa),”terang Ardian saat Penilaian Evaluasi Tahap I dalam rangka Program Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2020 secara virtual dari Ruang Rapat Bupati Muara Enim, Jum’at (27/11).
Dijelaskannya, pada program Bungadesa adalah Bupati Muara Enim menyempatkan hadir langsung di 3 (tiga) Desa untuk bertatap muka secara langsung dengan masyarakat dan menyampaikan informasi tentang program-program yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim.
Lewat Bungadesa, masyarakat juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, kritik dan saran serta usulan terhadap program-program pembangunan Kabupaten Muara Enim, termasuk juga terhadap program program Smart City.
“Tujuannya adalah untuk menyerap langsung aspirasi masyarakat, mengetahui kondisi real dari desa serta memantau geliat perkembangan pembangunan di desa dan memastikan program telah diterima dan bermanfaat bagi masyarakat,”paparnya.
Ardian memaparkan sampai Bulan November ini Bupati Muara Enim telah mengunjungi 190 Desa di Kabupaten Muara Enim. Dalam kesempatan itu, Ardian juga memberikan apresiasi kepada Tim Evaluator yang telah membina, membimbing Kabupaten Muara Enim hingga bisa sampai ke titik ini.NH

LEAVE A REPLY